160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dinkes Gelar Diskusi Viral Load untuk Pengobatan ODHIV

Diskusi terkait Viral Load (VL) terhadap penanganan pengobatan Orang Dengan HIV
Diskusi
Dinkes Gelar Diskusi Viral Load untuk Pengobatan ODHIV

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung mengadakan kegiatan dengan konsep Diskusi terkait Viral Load (VL) terhadap penanganan pengobatan Orang Dengan HIV (ODHIV),Kamis 24 Agustus 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Hotel Front One Tulungagung,diikuti oleh 18 orang yang terdiri dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan dari Layanan.

Pengelola Program HIV IMS Dinkes Tulungagung, Candra Idawati mengatakan, pemantauan orang yang memakai Antiretroviral (ARV) penting guna memastikan pengobatan yang berhasil. Selain itu, juga untuk mengidentifikasi masalah kepatuhan dan menentukan rejimen ARV harus diganti atau tidak jika pengobatan gagal.

Tes Viral Load (VL) telah menjadi standar utama untuk pengobatan bersama dengan algoritma pemantauan pengobatan guna mengidentifikasi kegagalan pengobatan,” katanya.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Dijelasakannya, VL merupakan tes untuk menentukan jumlah virus HIV yang berada di dalam setiap mililiter darah ODHA yang dinyatakan dalam satuan ‘Copies’. Tes VL dilakukan untuk mengetahui informasi kesehatan dan seberapa efektif terapi ARV yang dijalankan.

Tes Viral load idealnya dilakukan kepada pasien yang sudah melakukan pengobatan pada 6 bulan pertama, kemudian 12 bulan berikutnya dan kemudian bisa dilakukan secara rutin setiap 12 bulan sekali atau juga pada ODHIV yang dicurigai mengalami kegagalan pengobatan, serta ODHIV ibu hamil terutama yang mendekati masa persalinan,” jelasnya.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !