160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

PUSKESMAS SENDANG BERGERAK PMT LOKAL 2024

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Pada tanggal 25 Juni, di puskesmas kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur dilaksanakan Lokakarya mini lintas sektor.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari kecamatan Sendang dan Tim Penggerak PKK setempat.

Kepala Puskesmas Sendang, Kukuh Heru Subagyo, menjelaskan latar belakang dan tujuan dari kegiatan ini. Sesuai dengan Juknis Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Lokal Tahun 2024, program ini mengacu pada satuan harga yang berlaku di daerah setempat.

Sasaran pemberian Makanan Tambahan Lokal adalah balita dengan gizi kurang dan ibu hamil yang mengalami Kurang Energi Kronis (KEK). Ibu hamil KEK memiliki risiko KEK jika ukuran Lingkar Lengan Atas (LiLA) mereka di bawah 23,5 cm atau Indeks Massa Tubuh (IMT) pada trimester pertama (usia kehamilan ≤12 minggu) kurang dari 18,5 kg/m².

750 x 100 AD PLACEMENT

Bantuan PMT diberikan selama 90 hari, dengan ketentuan bahwa jika dalam 90 hari balita dengan gizi kurang mengalami perbaikan, PMT dapat dihentikan dan dialihkan ke sasaran lain. Sasaran lainnya adalah balita yang berat badannya tidak naik dan balita yang berat badannya kurang selama 2-4 minggu.

Bagi ibu hamil KEK, jika dalam 90 hari belum ada perbaikan gizi, pemberian bantuan PMT dapat dilanjutkan hingga 120 hari sampai terjadi kenaikan berat badan. Semoga program ini dapat membantu mencegah stunting dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !