160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Peringatan HPN 2023, Bupati Serukan Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar

Bupati Tulungagung maryoto Birowo menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan HPN Tahun 2023

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – HPN Tahun 2023 ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk mereflesikan Kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal Langkah berani yang yang sudah diambil.

Hal itu disampaikan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan pada Selasa (2/5/2023) di halaman kantor Bupati Tulungagung.

Pagi itu, dengan berbusana adat Jawa Bupati Maryoto Birowo tampak lebih bugar dan tampil berwibawa.

750 x 100 AD PLACEMENT

Barisan pelajar dengan berbagai busana adat yang dikenakan menambahkan kemeriahan dan keceriaan para pelaku dan pemangku Pendidikan di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

Tampak mengikuti upacara dari Forkopimda Tulungagung Ketua DPRD Marsono, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, Dandim 0807/Tulungagung Letkol CZI Nooris Agus Rinanto, Kajari Tulungagung dan Ketua PN Tulungagung, Kepala Dinas Pendidikan Rahadi P Bintara serta para Ketua OPD, tamu undangan lainnya.

Paa kesempatan itu, sekaligus juga dilaksanakan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 Tahun 2023, Daerah Maju Indonesia Unggul serta pelaksanaan Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2023.

Bupati Maryoto Birowo menyampaikan Kurikulum Merdeka  memberikan ruang pada pembelajaran yang mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi pelajar.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dia juga menyampaikan, Tema Hardiknas Tahun 2023 ini adalah Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar”, sekaligus Pencanangan Bulan Mei sebagai Bulan Merdeka Belajar.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara,” katanya.

Ditambahkannya, yaitu Pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Dengan Merdeka Belajar anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang. Karena akivitas pembelajaran merdeka, dinilai secara holistic oleh gurunya sendiri,” kata Bupati Maryoto Birowo yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu.

750 x 100 AD PLACEMENT

Ditambahkannya, sementara itu, para kepala sekolah dan kepala daerah, yang dulu kesulitan memonitor kualitas Pendidikan, sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor Pendidikan, untuk melakukan perbaikan kualitas layanan Pendidikan.

Selain itu, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Belajar.

“ Guru-guru sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka. Selain itu sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaan mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk Perguruan Tinggi pun sekarang focus  pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” katanya.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekaarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung Dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan Operasional (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatn untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka, dukungan dana untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Makna HPN Tahun 2023 ini, merupakan implementasi dari semboyan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara, yakni

ing ngarso sung tulodo : di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik

ing madyo mangun karso : di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide

tut wuri handayani : dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan.

Logo HPN Tahun 2023, terdiri dari tiga elemen: Bintang, Keceriaan, dan Pena.

– Bintang, menggambarkan semangat HPN yang selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter, dipadu dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis.

Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme, dan gotong royong serta partisipasi publik.

Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang dipadu secara holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spritual dalam pelaksanaan.

 

 

 

 

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !