Selasa, 5 Maret 2024

Peringatan HPN 2023, Bupati Serukan Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – HPN Tahun 2023 ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk mereflesikan Kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal Langkah berani yang yang sudah diambil.

Hal itu disampaikan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan pada Selasa (2/5/2023) di halaman kantor Bupati Tulungagung.

Pagi itu, dengan berbusana adat Jawa Bupati Maryoto Birowo tampak lebih bugar dan tampil berwibawa.

Barisan pelajar dengan berbagai busana adat yang dikenakan menambahkan kemeriahan dan keceriaan para pelaku dan pemangku Pendidikan di Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur.

survey dan pendeteksi sumber air

Tampak mengikuti upacara dari Forkopimda Tulungagung Ketua DPRD Marsono, Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto, Dandim 0807/Tulungagung Letkol CZI Nooris Agus Rinanto, Kajari Tulungagung dan Ketua PN Tulungagung, Kepala Dinas Pendidikan Rahadi P Bintara serta para Ketua OPD, tamu undangan lainnya.

Paa kesempatan itu, sekaligus juga dilaksanakan Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 Tahun 2023, Daerah Maju Indonesia Unggul serta pelaksanaan Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2023.

Bupati Maryoto Birowo menyampaikan Kurikulum Merdeka  memberikan ruang pada pembelajaran yang mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi pelajar.

Dia juga menyampaikan, Tema Hardiknas Tahun 2023 ini adalah Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar”, sekaligus Pencanangan Bulan Mei sebagai Bulan Merdeka Belajar.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara,” katanya.

Ditambahkannya, yaitu Pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Dengan Merdeka Belajar anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang. Karena akivitas pembelajaran merdeka, dinilai secara holistic oleh gurunya sendiri,” kata Bupati Maryoto Birowo yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Ditambahkannya, sementara itu, para kepala sekolah dan kepala daerah, yang dulu kesulitan memonitor kualitas Pendidikan, sekarang dapat menggunakan data asesmen nasional di platform rapor Pendidikan, untuk melakukan perbaikan kualitas layanan Pendidikan.

BACA JUGA :  Percepat Pengendalian Inflasi, Bupati Tulungagung Menggelar Rakor

Selain itu, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform Merdeka Belajar.

“ Guru-guru sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka. Selain itu sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaan mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk Perguruan Tinggi pun sekarang focus  pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” katanya.

Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas sekaarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung Dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan Operasional (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatn untuk melanjutkan pendidikan  ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka, dukungan dana untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi.

Makna HPN Tahun 2023 ini, merupakan implementasi dari semboyan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara, yakni

ing ngarso sung tulodo : di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik

ing madyo mangun karso : di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide

tut wuri handayani : dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan.

Logo HPN Tahun 2023, terdiri dari tiga elemen: Bintang, Keceriaan, dan Pena.

– Bintang, menggambarkan semangat HPN yang selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter, dipadu dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis.

Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme, dan gotong royong serta partisipasi publik.

Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang dipadu secara holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spritual dalam pelaksanaan.

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Progres Pembangunan Spam Kaligoro Untuk Melayani Masyarakat di Dua Kecamatan

Malang, harian-news.com - Tujuan utama pembangunan spam kaligoro, adalah untuk menangani daerah rawan air khususnya di kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pembangunan SPAM Kaligoro...

Jalur Rajekwesi Kalipare – Donomulyo Malang Longsor, Pemkab Malang Berrgerak Cepat.

Malang, Harian-news.com - Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang mengakibatkan terjadinya longsor di beberapa tempat, yang salah satunya di Rajekwesi Desa Tumpakrejo...

Rapat Pleno Rekapitulasi Sementara Pemilu Kabupaten Tulungagung Berjalan Mulus

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ditingkat Kabupaten di Hotel Lojikka Tulungagung pada...

Pameran Kreatif SMK Negeri 1 Buduran: Sembagi Arutala Fashion 2024

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com – Siswa-siswi SMK Negeri 1 Buduran kelas XIII tahun 2024 menggelar pameran bertajuk Sembagi Arutala SK1B Fashion Weekend pada (25/2/2024) malam di...

Siswa SMP Negeri 1 Ngunut , Tulungagung Sukses di G-Olimpiade Nasional 2024

TULUNGAGUNG, Harian- NEWS.com - Sebanyak 37 Siswa SMP N 1 Ngunut mengikuti kegiatan Ratu G-Olympiad yang diadakan pada hari Minggu tanggal 4 Februari 2024...

Didukung Kementerian PAN RB, Inovasi Kopi Pahit Siap Diaplikasikan Keseluruh Puskesmas Sidoarjo

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo. Mereka ingin melihat sejauh mana instansi pemerintah...

Khotaman Kitab Dan Ijazahan Bersama Guru Besar Ilmu Hadits Universitas Al Azhar Mesir

Tulungagung, harian-news.com - Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung pada Ahad (25/02/2024) akan menghadirkan guru besar Universitas Al Azhar Mesir yaitu Prof. Dr. Muhammad Ibrahim...

7.384 Personil Gabungan Dikerahkan untuk Mengamankan Pemilu di Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, turut serta dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tahap Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 pada Selasa (13/2/2024)...

Lantik Plh. Sekda Tulungagung, Heru Suseno: Proses Sudah Sesuai Ketentuan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, melantik Tri Hariadi sebagai Plh. Sekda Kabupaten Tulungagung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, pada Senin (12/2/2024)...

Pj Bupati Tulungagung Tinjau Pendistribusian Logistik Pemilu di 3 Kecamatan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno meninjau persiapan pendistribusian logistik Pemilu di 3 kecamatan pada Senin (12/2/2024), sekitar pukul 09.30 WIB. Kunjungan ini...

Mempersiapkan Diri Beribadah Di Bulan Damai

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah usai pencoblosan. Dalam proses penghitungan akan memasuki Bulan Romadhon. Bulan yang penuh keistimewaan. Yaitu bulan damai. Tokoh agama...

Pemilu Wujudkan Persatuan Bangsa Indonesia

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah dilakukan tahap pencoblosan dan hari ini sudah penghitungan data secara real count. Semakin hari paska pemilu semakin panas...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING