160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Percepat Smart City, Pemkab Rembang Akomodasi 6 Program

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Program Kota Pintar (Smart City) Rembang akan mengakomodasi enam program percepatan (quick wins). Mulai gaya hidup hingga penataan lingkungan.

Masterplan atas salah satu program unggulan ini telah dibahas selama dua hari, Kamis-Jumat (23-24/6) kemarin. Dalam pelaksanaan bimbingan teknis itu, peserta diminta untuk membuat satu dari enam program percepatan tersebut.

Diantaranya, Smart Governance, yakni tata kelola pemerintahan cerdas bertujuan meningkatan kinerja pelayanan publik, birokrasi pemerintah, dan efisiensi kebijakan publik. Kedua, adalah Smart Branding atau pencitraan daerah untuk membangun daya saing usaha, ekosistem pariwisata, hingga penataan wajah Daerah Kota.

Selanjutnya Smart Ekonomi, untuk meningkatkan penataan industri primer, sekunder, dan tersier. Yang keempat adalah smart living, yakni gaya hidup modern yang mengintegrasikan teknologi IoT sehari-hari.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kelima, smart society yang merupakan kemampuan pemerintah daerah dalam mewujudkan ekosistem sosio-teknis (sosial-virtual) masyarakat yang humanis, produktif, dinamis, komunikatif, dan interaktif dengan literasi digital.

Program percepatan yang terakhir, adalah pengelolaan tata kelola lingkungan atau smart environment. Dalam pembangunan kota harus menggunakan cara cerdas dengan memperhatikan faktor lingkungan hidup. Untuk mewujudkan tata kelola lingkungan yang baik, bertanggung-jawab, dan berkelanjutan.

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro menyampaikan, Rembang menjadi salah satu dari 50 kabupaten/kota yang mendapat pendampingan smart city dari Kementerian. Ia menilai, perkembangan teknologi harus kita hadapi. Segala sesuatu berubah dengan cepat. Sehingga perlu beradaptasi.

”Jika tidak bisa mengikuti arus, kita akan selalu ketinggalan,” katanya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Pihaknya akan memulai smart city dari pemerintahan. Selanjutnya diharapkan menjalar ke masyarakat.

”Bagian dari pemerintah ini harus tahu lebih dahulu, tahu caranya lebih dahulu. Nanti baru masyarakat kami ajak ke dalam arus smart city ini,” imbuhnya.

 

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !