160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Pembina YPI Al Azhaar: Ruang Lingkup Amanah Guru Sangat Luas

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Yayasan Pendidikan Islam Al Azhaar Indonesia menggelar pembinaan bagi seluruh guru di Balai SD Al Azhaar Tulungagung, Senin (15/7/2024).

Ketua Dewan Pembina, KH. Imam Mawardi Ridlwan, menegaskan, ruang lingkup dan wewenang para guru sangat luas, terutama bagi mereka yang bertugas di sekolah swasta.

Menurut Abah Imam, guru memiliki amanah yang luas. Oleh karena itu, diperlukan guru yang sehat, berpengetahuan, mahir dalam mengajar, dan memiliki keterampilan berkomunikasi. Fokus utama guru sebaiknya saat menjalankan kegiatan belajar mengajar (KBM) adalah mengoptimalkan potensi murid.

Dalam memulai ajaran baru pada tahun ajaran 2024/2025, para guru perlu memahami data informasi diri murid yang baru diampu. Data ini membantu para guru mengelompokkan kemampuan murid dan mendiagnosa potensi serta kekurangan mereka.

750 x 100 AD PLACEMENT

Di lingkungan YPI Al Azhaar, program koordinasi dan komunikasi antar guru sangat penting. Para wali kelas lama dapat memberikan data potensi murid kepada wali kelas baru, sehingga saling berkomunikasi tentang potensi murid.

Abah Imam menekankan, guru yang berkah adalah yang tulus mengabdi, ikhlas berkhidmad, totalitas menjalankan tugas amanah dan al mas’uliyah, serta membangun komunikasi yang efisien dan efektif.

Bekal utama bagi guru adalah jiwa spiritual, teladan dalam kehidupan, kesabaran dalam mendampingi murid, dan menjalin hubungan baik dengan murid dan orang tua murid.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !