Sabtu, 18 Mei 2024

Pahami Pentingnya Management Letter bagi Suatu Perusahaan !

 

Ilustrasi
Ilustrasi Manajemen Letter

Simak terus yuk pentingnya sebuah Management Letter bagi suatu perusahaan untuk melakukan Pemeriksaan Laporan Keuangan yang baik dan benar!

Dalam dunia bisnis khususnya di bidang akuntansi, banyak orang mendirikan perusahaan dengan persaingan yang ketat dari waktu ke waktu. Pada setiap kantor akuntan publik atau biasa disebut dengan KAP harus memiliki peraturan, ketentuan yang harus dipatuhi dan dijadikan pedoman bagi setiap KAP.

Dalam menjalankan usahanya, KAP tidak diperkenankan atau dilarang untuk mempromosikan jabatannya atau jasa yang berkaitan dengan jabatannya tersebut karena hal itu melanggar Aturan Etika Kompartemen Akuntan Publik – IAI.

Lalu bagaimana dengan sebuah bisnis akan menarik pelanggan jika tidak ada promosi? KAP mendapatkan pelanggan atau klien dengan cara membuktikan bahwa KAP tersebut dapat bekerja sebaik mungkin dalam memeriksa laporan keuangan perusahaan klien sehingga pihak dari perusahaan merasa puas dan senang atas jasa yang diberikan dengan harapan pihak manajemen perusahaan akan merekomendasikan kepada rekan kerja yang lain untuk menggunakan jasa pada KAP tersebut.

survey dan pendeteksi sumber air

Setiap KAP juga perlu membuat management letter guna untuk melaporkan  kelemahan pengendalian internal dan salah saji dalam  laporan keuangan perusahaan serta memberikan saran terbaik untuk perbaikan di masa mendatang. Pengendalian internal yang baik  akan meminimalisir kecurangan dan penipuan yang dilakukan oleh oknum internal perusahaan.

Kecurangan yang umumnya terjadi yaitu adanya pihak perusahaan yang menyalahgunakan kekuasaanya dengan memanipulasi terkait data laporan keuangannya. Jadi seolah – olah perusahaan akan mengalami peningkatan dalam keuangan perusahaan. Jika terdapat kerjasama antara perusahaan dengan auditor seperti adanya komunikasi diluar dengan diberikan imbalan sejumlah uang, maka auditor tersebut telah melanggar Aturan Etika sebagai seorang auditor.

Management letter berperan penting dalam menilai kualitas perusahaan. Karena dengan management letter maka  permasalahan yang timbul akibat fraud  akan ditemukan dengan bukti-bukti yang didapat, sehingga perusahaan akan mengetahui penyebabnya lalu auditor akan memberikan  saran perbaikan terhadap permasalahan tersebut.

Management Letter merupakan suatu surat yang dibuat oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditujukan manajemen perusahaan terkait pemeriksaan laporan keuangan dengan memberitahukan kelemahan – kelemahan pengendalian internal baik material maupun nonmaterial).

Adapun langkah – langkah dalam membuat management letter sehingga menghasilkan suatu management letter yang baik, diantaranya :

  1. Management letter harus tepat waktu (Timely)

Dengan management letter yang tepat waktu, perusahaan masih dapat melakukan perbaikan – perbaikan dalam pengendalian internalnya. Jika terjadi keterlambatan dalam management letter yang diberikan, kemungkinan besar kelemahan – kelemahan dalam pengendalian internal dapat mengakibatkan terjadinya kesalahan dan kecurangan yang dapat merugikan perusahaan.

  1. Management letter harus berisi saran – saran yang bermanfaat dan bisa diterapkan.
BACA JUGA :  EKONOMI ISLAM

Komentar dan saran – saran dalam management letter tidak boleh memuat sesuatu yang mengejutkan. Untuk itu, sebelumnya konsep management letter harus didiskusikan terlebih dahulu dengan manajemen perusahaan dan bagian yang berkaitan dan dimintakan komentar dari manajemen.

  1. Management letter harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang baik, halus dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Harus diusahakan agar walaupun kita mengomentari kesalahan orang lain namun tidak sampai menyinggung perasaan orang lain.
  2. Kelemahan dan saran yang diberikan bisa diurut berdasarkan urut – urutan pos neraca dan rugi laba (misalnya mulai dari kas, piutang persediaan, dan seterusnya) atau menurut hal – hal paling penting yang memerlukan perhatian khusus dari manajemen dan perlu penanganan secepat mungkin.
  3. Saran – saran yang diberikan harus disesuaikan dengan kondisi bisnis perusahaan dan harus menunjukan kemauan baik kantor akuntan publik untuk membantu pengembangan usaha perusahaan.
  4. Pada bagian akhir management letter jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada manajemen dan seluruh staf perusahaan, atas segala bantuan dan kerjasama yang diberikan mereka selama akuntan publik melaksanakan pemeriksaannya.

Dengan Management letter yang baik, seorang auditor diharapkan dapat mengungkap kelemahan atau celah  yang ada dalam pengendalian internal perusahaan sehingga auditor dapat mengambil keputusan dan tindakan-tindakan perbaikan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Dengan adanya saran yang telah diberikan oleh auditor terkait dengan temuan bukti – bukti management letter terhadap laporan keuangan perusahaan dapat mengurangi adanya kemungkinan terjadinya kesalahan dan kecurangan pihak internal perusahaan.

Selain itu, diharapkan auditor dapat bekerja sesuai dengan Aturan Etika Kompartemen Akuntan Publik – IAI, dan menjaga kerahasiaan informasi atau data yang telah ditemukan selama pemeriksaan kepada yang tidak berhak atau pihak klien.

Pembocoran rahasia data informasi klien kepada pihak ketiga secara sepihak merupakan tindakan tercela dan tidak etis.

Nah, itu tadi penjelasan singkat mengenai pentingnya management letter bagi suatu perusahaan. Apakah teman-teman sudah berminat menjadi seorang auditor?

 

Liza En Zelina / 202010170311271
Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Giat Pelayanan KB Gratis Implan dan IUD di Puskesmas Pagerwojo Sukses

Giat Pelayanan KB Gratis Implan dan IUD di Puskesmas Pagerwojo Sukses TULUNGAGUNG HARIAN- NEWS.com - Pada hari Selasa, tanggal 14 Mei 2024, Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung,...

Milad ke-31 Pesantren Al Azhaar, Dihadiri Pj. Bupati Wujud Sinergi Dakwah dan Pendidikan

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Jawa Timur, merayakan Milad ke-31 dengan penuh syukur dan kehangatan Acara tasyakuran yang diadakan pada hari Jumat,...

Demontrasi Damai, Jurnalis Malang Raya Bersatu Menolak RUU Penyiaran

  MALANG, HARIAN-NEWS.com - Dalam sebuah demonstrasi damai yang berlangsung di depan gedung DPRD dan Balaikota Malang, para jurnalis dari Malang Raya menyatakan penolakan mereka...

Konsultasi Publik Persiapan Lahan Pembangunan SPAM Diyeng

Malang, Harian-news.com -  Setelah pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kaligoro yang bertujuan untuk mengatasi kekeringan air di wilayah Malang Selatan khususnya untuk wilayah...

Mengukir Masa Depan Lingkungan: Pelantikan SAKA Kalpataru Sidoarjo 2024

SIDOARJO, HARIAN- NEWS.com - Dalam rangka memperkuat edukasi dan aksi lingkungan di kalangan pemuda, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo menggelar acara Orientasi...

Kapolres Tulungagung Berangkat Haji, Doa dan Harapan Sekretaris IPHI Jatim

AKBP Teuku Arsya Khadafi, S.H., S.I.K., M.Si.,   TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com Sekretaris Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jawa Timur, KH. Imam Mawardi Ridlwan, menyampaikan doa khusus...

Seleksi Kompetensi BLUD RSUD dr. Iskak, Wujud Transparansi dan Kesempatan bagi Calon Pegawai

TULUNGAGUNG , HARIAN- NEWS.com - Pemerintah Kabupaten Tulungagung berkomitmen pada Pelayanan Kesehatan Berkualitas, ada 1.173 Peserta Ikuti Seleksi PTT RSUD dr. Iskak Dalam upaya meningkatkan...

Upaya Pengendalian Inflasi 2024, Pj. Bupati Ikuti Rakor Strategis Tulungagung Secara Daring

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pada hari Senin, 13 Mei 2024, sebuah Rapat Koordinasi (Rakor) penting telah dilaksanakan sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi di...

Mbah Rahmat dan Al Azhaar Bersinergi, Buka Peluang Pendidikan PAUD dan TK Tahfidz di Ngadiluwih

KEDIRI, HARIAN- NEWS.com - Dalam langkah yang menginspirasi, Mbah H. Rahmat dari Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur mengundang Pengasuh Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Abah Imam...

Perda Kota Layak Anak Disahkan, Pemkot Malang Tingkatkan Perlindungan Hak Anak

MALANG, HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya serius meningkatkan perlindungan hak-hak anak, DPRD Kota Malang telah mengesahkan Perda Kota Layak Anak. Sidang paripurna pada Selasa (14/5/2024) menjadi...

Perayaan Milad ke-31 Pesantren Al Azhaar Tulungagung, Sebuah Refleksi Perjalanan dan Komitmen Khidmat Berjama’ah

TULUNGAGUNG, HARIAN- NEWS.com - Pesantren Al Azhaar Tulungagung merayakan miladnya yang ke-31 dengan gelar “Al Azhaar Bersholawat”, bersama Habib Sayyidi Baraqbah dari Yogyakarta. Acara ini...

MA Sains BIK Tuban, Oasis Ilmu Pengetahuan yang Membudayakan Prestasi

TUBAN, HARIAN- NEWS.com - Di bawah naungan Kemenag Kabupaten Tuban, sebuah semai pendidikan bernama MA Sains Bina Insan Kamil (BIK) Tuban telah tumbuh, berakar...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING