160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Menjelang Idul Adha, 2.000 Sapi di Rembang Terjangkit PMK dalam 18 Hari

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Menjelang hari kurban atau hari raya Idul Adha, kasus ternak sapi yang positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Rembang melonjak drastis.

Data Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Rembang, kasus sapi kena PMK mencapai 2.000-an ekor dalam 18 hari.

“Data per Kamis (26/5) tercatat 106 ekor sapi yang positif PMK, sedangkan hari ini (13/6) jadi 2.524 ekor,” kata Kepala Dintanpan Rembang Agus Iwan Haswanto, Senin (13/6/2022).

Selain pertambahan jumlah ternak terpapar PMK, wilayah penularannya pun meluas ke 13 kecamatan, dari semula yang hanya di delapan kecamatan. Di Kabupaten Rembang total ada 14 kecamatan.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Satu kecamatan (nol kasus PMK) Kecamatan Lasem,” ungkapnya.

Sementara itu dari jumlah total sapi terjangkit PMK, lanjutnya, baru 78 ekor yang sudah dipastikan sembuh. Sementara tujuh ekor di antaranya mati dan 24 ekor dijagalkan.

Disinggung upaya pengobatan, Agus mengatakan hingga kini stok obat untuk mengatasi PMK yang disiapkan pemerintah lewat dana APBD sudah habis. Sehingga biaya pengobatan untuk sekarang ini dibebankan kepada peternak.

“Untuk awal-awal kasus disubsidi, tapi saat ini kita kehabisan obat dari APBD, sehingga agar layanan tetap jalan, obat dibebankan peternak. Untuk jasa petugas kita gratiskan. Tarif maksimal Rp 50 ribu atau sesuai obat yang di-treatment-kan,” jelasnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berkaitan dengan menjelang hari kurban atau Idul Adha, Agus mengaku telah melakukan upaya secara khusus. Sehingga nantinya hewan yang dipakai kurban aman dari virus PMK.

“Ini sedang tahap pendataan kebutuhan hewan kurban dan stok di lapangan. Kamis (2/6) besok, kami akan koordinasi lintas-sektor untuk persiapan Idul Adha,” ujarnya.

“Desa kita minta bantuan berperan aktif membantu peternak dari sisi pencegahan. Misal penyemprotan, sosialisasi ke peternak, mencegah lalu lintas ternak di desa, dan pendataan,” imbuhnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !