160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Kemeriahan Festival Pawai Budaya Tulungagung Tahun 2022

Tari Reog kendang di depan Panggung Kehormatan
Lepas burung merpati
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dengan Forkopimda

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Festival Pawai Budaya yang diikuti oleh pelajar tingkat SLTP dan SLTA se Kabupaten Tulungagung.

Festival Pawai Budaya Tahun 2022 ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke- 817 Tahun.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo bersama seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung tampak menikmati jalannya Festival Pawai Budaya yang berlangsung, Senin , 7 November 2022, dari pukul 09.00 hingga tengah hari.

Kemeriahan dan antusiasme dari Bupati Maryoto Birowo dan jajaran anggota  Forkopimda  terlihat menikmati tontonan dari para pelajar itu,  ketika mereka melakukan pelepasan burung merpati di depan Pendopo Agung Kongas Arum Kusumaning Bongso yang dipandu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bambang Ernawan.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dari data peserta, Festival Pawai Budaya tingkat SLTP dan SLTA ini diramaikan kontingen dari  8 SMP di Tulungagung dan 4 SMA/SMK di Tulungagung yang terdiri dari MKKS SMK Negeri Tulungagung serta MKKS SMA Negeri Tulungagung.

Pemberangkatan kontingen peserta Festival Pawai Budaya dimulai dari halaman Kantor Bupati Tulungagung dan finish di Pendopo Tulungagung.

Tampak sambutan dari warga masyarakat Tulungagung dengan diselenggarakannya Festival Pawai Budaya ini, penonton memadati sepanjang jalan utama dari  tempat pemberangkatan nya hingga finish di pendopo.

Tentu kondisi tersebut sangat wajar karena sejak adanya Pandemi Covid-19 tahun awal – awal tahun 2020, sudah hampir tiga tahun tidak ada penyelenggarakan kesenian dan pawai  terbuka dan menghadirkan jumlah penonton yang sangat banyak, yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

750 x 100 AD PLACEMENT

Festival ini adalah rentetan acara untuk memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung, sesuai agenda acara sudah terjadwal  besok pagi dari pukul 09.00 akan ada Festival Pawai Budaya yang kontingennya berasal dari Organisai Perangkat daerah (OPD) dan dari kontingen umum

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bambang Ernawan menyampaikan, Festival Pawai Budaya ini selain bertujuan untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Tulungagung ke – 817, acara tersebut juga bertujuan untuk mengajak masyarakat Tulungagung untuk lebih mengenal budaya, sejarah dan menjaga setiap warisan leluhur.

Bambang Ernawan, M.Pd juga menyampaikan dengan tema “Aku Cinta Budayaku” tema tersebut merupakan wahana edukasi kepada para pelajar dan masyarakat.

Pada Pawai Budaya tahun ini dari kontingen sekolah – sekolah tampil maksimal dengan menampilkan berbagai macam busana adat dan tarian.

750 x 100 AD PLACEMENT

Penampilan Tari Reog Kendang mendapatkan sambutan meriah dari Bupati Maryoto Birowo dan jajaran Forkompimda saat melakukan atraksi di depan panggung kehormatan di Pendopo Agung.

Selain itu tampak juga dari kontingen yang mengenakan busana Barongsai, serta tampilnya Raja dan Ratu yang tampak gagah dan cantik dari siswa dan siswi yang diiringi kereta kencana.

Tampak sekali kreatifitas dari generasi muda Tulungagung, dimana penampilan mereka betul-betul total dan menggambarkan hasil karya seniman dan budayawan yang memiliki nguri-nguri budoyo leluhur.

Sehari sebelumnya, Minggu, 6 November 2022 juga diselenggarakan Festival Pawai Budaya Tahun 2022 yang diikuti sebanyak 37 peserta dari Taman Kanak kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di wilayah Tulungagung.

 

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !