160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Dinkes Malang Giat Sosialisasikan Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk Tekan Kasus DBD

Dinkes Malang Giat Sosialisasi Pola Hidup Sehat dan Bersih

MALANG, HARIAN -NEWS. Com —  Dinas Kesehatan Kabupaten tingkatkan sosialisasi pola hidup sehat dan bersih dan melakukan fogging. Hal itu dimaksudkan untuk menekan angka kematian akibat terserang Deman Berdarah Dengeu (DBD).

Menurut Pelaksana tugas (plt) Dimas Kesehatan Kabupaten Malang, Mursyidah mengatakan, dalam kasus DBD di Kabupaten Malang, ada 4 orang meninggal dengan jumlah kasus mencapai angka 590 pada periode bulan Januari sampai Agustus 2022.

“Dari data yang ada, angka kasus DBD yang terbanyak ada di wilayah Kecamatan Tirtoyudo mencapai 61 kasus DBD, Pakisaji 52 dan Kepanjen 51 kasus, sedang yang meninggal ada di Kecamatan Ngajum 2 orang, Kromengan 1 orang dan Bululawang 1 orang,” kata Mursyidah saat dihubungi awak media, Kamis (1/9/2022).

Dia juga menghimbau pada masyarakat agar menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing dan melakukan semprot Fogging Nyamuk.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Wabah DBD biasanya akan mulai meningkat saat pertengahan musim hujan, hal ini disebabkan oleh semakin bertambahnya tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk karena meningkatnya curah hujan,” jelas Mursyidah.

Dari laporan kasus DBD disetiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Malang, Dinkes mencatat Puskesmas di Kecamatan Tirtoyudo yang terbanyak menerima pasien kasus DBD dengan jumlah pasien 95 orang, disusul Puskesmas Ngajum sebanyak 60 pasien dan Puskesmas Pakisaji 49 orang, sedangkan angka kasus terendah berada di Kecamatan Ngantang sebanyak 1 orang.

“Untuk Puskesmas yang merawat pasien BDB yang terbanyak Kecamatan Tirtoyudo sebanyak 95 pasien, Puskesmas Ngajum 60 dan Puskesmas Pakisaji 49 pasien, sedangkan Puskesmas yang menerima kasus DBD terendah adalah Puskesmas Ngantang hanya 1 orang pasien,” beber Mursyidah.

Mursyidah berharap kasus DBD di Kabupaten Malang ini bisa turun dan tidak ada lagi pasien yang meninggal.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Harapan saya kedepan di Kabupaten Malang tidak ada lagi pasien DBD meninggal dan kami akan terus memantau dan memberikan edukasi pada masyarakat untuk selalu hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan karena itu syarat utama kita bisa mengatasi kasus DBD ini,” pungkas Mursyidah.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !