Minggu, 3 Maret 2024

Bus Sekolah Efektif Dukung Pendidikan Murah dan Gratis

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Bus Sekolah berwarna kuning yang tiap pagi menyusuri penjuru desa hingga sekolah dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah jenjang sekolah menengah atas dan kejuruan adalah sarana transportasi untuk pelajar yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Dengan jumlah armada 9 unit Bus sekolah, dan 31 Unit Mobil Penumpang Umum (MPU) sebanyak 31 unit sangat efektif membantu masyarakat dalam mendukung pendidikan murah dan gratis.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung Galih Nuswantoro melalui Kepala Bidang Sarana dan Sarana Jarmani, menyampaikan, untuk membantu mewujudkan sekolah murah sesuai untuk itu kami mengajukan program angkutan sekolah gratis.

“ Program ini sebagai wujud mendukung komitmen Bapak Bupati Tulungagung Maryoto Birowo untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik dan murah pada masyarakat,” kata Jamani.

Ditambahkannya, Dinas Perhubungan kabupaten Tulungagung merasa ikut memiliki tanggungjawab untuk merealisasikannya. Salah satunya melalui program angkutan sekolah  gratis ini.

survey dan pendeteksi sumber air

Masih kata Jarmani, Progam ini dimulai tahun 2014 dengab jumlah sebanyak  9  Bus sekolah, kemudian di Tahun 2019 dilakukan penambahan unit,  berupa Mobil Penumpanv umum (MPU ) sebanyak  31 unit.

“ Khusus MPU dilakukan dengan sistem kontrak kerja yaitu jam 6 sampai jam 7 pagi. Dan jam 12 sampai 13 di siang harinya. Diluar jam tersebut dipersilahkan mengangkut penumpang umum,” katanya.

Bus Sekolah dan MPU melayani rute reguler dan rute zonasi.

Untuk Bus rute Rute Ngunut  disediakan 1 unit, untuk rute Kecamatan  KalidawIr  sebanyak 2 unit, Rute  Kecamatan Ngunut, Kromasan  sebanyak 1 unit, rute Kecamatan  Gondang sebanyak  1 unit, rute Kecamatan Bandung sebanyak  1 unit, rute Kecamatan Ngantru ada  1  unit, dan Kecamatan Ngantru, Srikaton sebanyak  1 untit dan Ruite Kecamatan Karangrejo sebanyak  1 unit.

Sedangkan untuk MPU rute Kecamatan Karangrejo sebanyak 16 unit.  Urute Kecamatan Pagerwojo sebanyak  3  unit dan rute Kecamatan Sendang 13 unit.

Pesan Jarmani pada masyarakat,” Kami berharap masyarakat  Tulungagung dapat memanfaatkan progam ini, utamanya untuk menanggulangi kemacetan di jam-jam sekolah,” katanya.

Manfaat beroperasionalnya Bus Sekolah yang dikelola Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung itu sangat dirasakan warga masyarakat yang memiliki anak sebagai pelajar, seperti yang disampaikan Sumani (40) warga Desa Sendang, Kecamatan Sendang,  kami sangat terbantu dengan adanya progam kendaraan gratis ini.

“Dulu anak saya kalau berangkat sekolah tergesa gesa. Saya jadi takut kalau di jalan terjadi kecelakaan, dengan adanya angkutan gratis ini menjadi lebih tenang,” kata Sumani.

BACA JUGA :  Mengintip Persiapan FLS2N 2021 yang Diselenggarakan Dindikpora Tulungagung

Hal senada juga disampaikan seorang warga bernama Agus (40) warga Desa Kromasan, Kecamatan Ngunut, menyampaikan, dengan angkutan gratis ini kami sangat terbantu, minimal anggaran untuk pembelian bensin anak menjadi lebih irit.

“ Semoga progam ini dapat berlanjut, karena sangat membantu masyarakat, terima kasih untuk dinas perhubungan atas progamnya yang sangat bermanfaat,” kata Agus penuh harap.

Dia juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih pada Pak Bupati  yang peduli  dan sangat perhatian pada warganya dengan memberikan pelayanan pendidikan murah dan gratis, utamanya program transportasi Angkutan dan  Bus Sekolah gratis.

Bus Sekolah Gratis ini memiliki fasilitas yang memadai baik sarana tempat duduk dan kebersihannya.

Selain itu jadwal nya teratur sehingga melatih pelajar di Kabupaten Tulungagung bisa tertib dan tepat waktu.

“ Saya merasa salut dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Perhubungan nya, memiliki prioritas pembangunan berupa pendidikan murah dan gratis berupa program transportasi dan angkutan Bus dan MPU gratis,” kata Arief Jati dari NGO Centre for People Participation Daerah Tulungagung itu yang disampaikan pada Harian-News.com kemarin.

Dia juga berharap, adanya penambahan armada Bus Gratis untuk rute-rute yang selama ini belum ada.

Arief Jati menambahkan, Bus Sekolah merupakan salah satu transportasi yang bisa digunakan ke sekolah dan memiliki beberapa manfaat untuk para pelajar.

Manfaatnya diantaranya, selain membantu mengurangi polusi udara, naik Bus Sekolah menjadikan para pelajar lebih mandiri. Ini dia manfaat yang didapat dengan naik bus sekolah:

Menghemat biaya karena gratis, naik dengan tertib lalu duduk manis sampai ke sekolah tujuan, Waktunya bersosialisasi. Bisa menggunakan Bus Sekolah bersama teman-temannya. Di dalam perjalanan mereka bisa saling bertukar cerita.

Mengurangi kemacetan di jam-jam sekolah. Naik Bus Sekolah mengurangi jumlah kendaraan pribadi dan kemacetan.

Pelajar lebih sehat, dengan naik Bus Sekolah memungkinkan untuk berjalan kaki ke halte, sehingga menjadi lebih sehat karena banyak bergerak.

Melatih tepat waktu dan menghargai waktu bagi pelajar . Karena waktu dan jadwalnya tepat

Mengurangi tingkat kecelakaan di kalangan pelajar.

Melatih Budaya tertib di kalangan pelajar karena diajari untuk antri sesuai urutan.

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Progres Pembangunan Spam Kaligoro Untuk Melayani Masyarakat di Dua Kecamatan

Malang, harian-news.com - Tujuan utama pembangunan spam kaligoro, adalah untuk menangani daerah rawan air khususnya di kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pembangunan SPAM Kaligoro...

Jalur Rajekwesi Kalipare – Donomulyo Malang Longsor, Pemkab Malang Berrgerak Cepat.

Malang, Harian-news.com - Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang mengakibatkan terjadinya longsor di beberapa tempat, yang salah satunya di Rajekwesi Desa Tumpakrejo...

Rapat Pleno Rekapitulasi Sementara Pemilu Kabupaten Tulungagung Berjalan Mulus

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ditingkat Kabupaten di Hotel Lojikka Tulungagung pada...

Pameran Kreatif SMK Negeri 1 Buduran: Sembagi Arutala Fashion 2024

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com – Siswa-siswi SMK Negeri 1 Buduran kelas XIII tahun 2024 menggelar pameran bertajuk Sembagi Arutala SK1B Fashion Weekend pada (25/2/2024) malam di...

Siswa SMP Negeri 1 Ngunut , Tulungagung Sukses di G-Olimpiade Nasional 2024

TULUNGAGUNG, Harian- NEWS.com - Sebanyak 37 Siswa SMP N 1 Ngunut mengikuti kegiatan Ratu G-Olympiad yang diadakan pada hari Minggu tanggal 4 Februari 2024...

Didukung Kementerian PAN RB, Inovasi Kopi Pahit Siap Diaplikasikan Keseluruh Puskesmas Sidoarjo

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo. Mereka ingin melihat sejauh mana instansi pemerintah...

Khotaman Kitab Dan Ijazahan Bersama Guru Besar Ilmu Hadits Universitas Al Azhar Mesir

Tulungagung, harian-news.com - Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung pada Ahad (25/02/2024) akan menghadirkan guru besar Universitas Al Azhar Mesir yaitu Prof. Dr. Muhammad Ibrahim...

7.384 Personil Gabungan Dikerahkan untuk Mengamankan Pemilu di Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, turut serta dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tahap Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 pada Selasa (13/2/2024)...

Lantik Plh. Sekda Tulungagung, Heru Suseno: Proses Sudah Sesuai Ketentuan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, melantik Tri Hariadi sebagai Plh. Sekda Kabupaten Tulungagung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, pada Senin (12/2/2024)...

Pj Bupati Tulungagung Tinjau Pendistribusian Logistik Pemilu di 3 Kecamatan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno meninjau persiapan pendistribusian logistik Pemilu di 3 kecamatan pada Senin (12/2/2024), sekitar pukul 09.30 WIB. Kunjungan ini...

Mempersiapkan Diri Beribadah Di Bulan Damai

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah usai pencoblosan. Dalam proses penghitungan akan memasuki Bulan Romadhon. Bulan yang penuh keistimewaan. Yaitu bulan damai. Tokoh agama...

Pemilu Wujudkan Persatuan Bangsa Indonesia

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah dilakukan tahap pencoblosan dan hari ini sudah penghitungan data secara real count. Semakin hari paska pemilu semakin panas...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING