160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Jalan Krebet – Gondanglegi Malang Mulai Digarap, Ini Komentar PUBM

Sekretaris Dinas PUBM, Suwignyo saat ditemui, Kamis (21/7/2022).

MALANG, HARIAN-NEWS.com – Kondisi jalan yang rusak parah di wilayah Krebet Kecamatan Bululawang menuju Kecamatan Gondang Legi direspon cepat oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang.

Kepala Dinas PUBM melalui Sekretaris Dinas, Suwignyo mengatakan, pemeliharaan dan pelebaran jalan Krebet menuju Gondanglegi merupakan wujud komitmen Dinas PUBM Malang untuk menangani permasalahan ini.

“Alhamdulillah sudah dimulai kegiatannya, dengan adanya program pemeliharaan dan pelebaran jalan Krebet menuju Gondanglegi ini bisa menjawab keluhan masyarakat selama ini,” kata Suwignyo saat ditemui awak media, Kamis (21/7/2022).

Suwignyo menambahkan, memang pelaksanaan pekerjaan jalan Krebet menuju Gondanglegi baru bisa dimulai pada bulan Juli, dikarekan harus melalui proses lelang dan sosialisasi.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Setelah melalui tahapan proses lelang dan sosialisasi yang dilakukan PUBM, baru pada bulan Juli ini pekerjaan jalan tersebut dimulai,” imbuh Suwignyo.

Panjang jalan yang akan dilakukan pemeliharaan dan pelebaran sepanjang 4 km,, mulai titik nol di pertigaan Krebet sampai Desa Ketawang.

“Untuk pagu anggaranya sebesar 12 milyar dari anggaran APBN dipergunakan pemeliharaan jalan dengan overlay badan jalan dan pelebaran bahu jalan dengan titik nolnya pertigaan Krebet menuju Desa Ketawang sepanjang 4 km,” beber Suwignyo.

Selain Krebet menuju Gondanglegi, ada juga pemeliharaan jalan Pagak menuju Sumbermanjing Kulon, Selorejo menuju Kripik Ngantang, serta Plosokerep Dengkok Singosari.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Untuk bulan Juli ini, pengerjaan yang sudah mulai yaitu Krebet menuju Gondanglegi, Pagak menuju Sumbermanjing Kulon, Selorejo menuju Kripik Ngantang, dan jalan Plosokerep Singosari,” terangnya

Mantan Kepala Bidang Pemeliharaan PUBM ini menjelaskan, untuk desa dan jalan poros kabupaten juga akan ada penanganannya, namun pihaknya akan melaksanakan secara bertahap.

“Ada beberapa kegiatan penanganan jalan desa dan jalan poros yang sudah dimulai. Namun kami memastikan kegiatan penangan jalan desa dan poros bulan Oktober harus selesai semua. Karena kegiatan tersebut kontraknya bulan Oktober sudah selesai,” jelas Suwignyo.

Terkait jalur lingkar barat yang masuk wilayah Kecamatan Kepanjen, memang memerlukan penanganan khusus, sebab dulu saat tahap perencanaan Jalinbar masuk jalan klas Kabupaten.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Fakta yang ada di lapangan, kelas jalan diperbaikan jalan Jalinbar ini masuk jalan nasional, jadi daya tubuh jalan Jalinbar tidak mampu menahan tonase yang melebihi kapasitas jalan, akibatnya kerusakannya terus menerus. Solusinya bisa nanti seluruh ruas jalan Jalinbar akan di beton semua untuk meningkatkan kapasitas jalan” tandas Suwignyo.

Rencananya, jalan Jalinbar diusulkan menjadi jalan nasional yang saat ini masih proses dan PUBM berharap segera direalisasi pelaksanaannya.

“Apabila sudah direalisasi usulan Pemkab Malang, ruas jalan Jalinbar menjadi milik nasional, nanti penanganannya akan berbeda dengan di Kabupaten. Karena konstruksinya juga beda,” pungkas Suwignyo.(TS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !