Kamis, 18 April 2024

Warga Batangsaren Berharap Mediasi

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.COM — Mediasi nampaknya menjadi pilihan bijak bagi warga Batangsaren. Ini penting untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan warga desa Batangsaren.

Disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Batangsaren, Dwi Wandito, pasca penggeledahan yang dilakukan oleh tim Kejaksaan Negeri Tulungagung di Kantor Desa Batansgaren.

Karena selama ini Kades Batangsaren menurut pandangan warga,  orangnya koperatif dan terbuka. Sehingga perasaan mereka terusik, untuk memberikan dukungan pada Kades yang sudah menjabat tiga periode itu.

Hal itu dibuktikan kediaman Kepala Desa Batangsaren justru sering dikunjungi orang yang bertujuan untuk memberikan dukungan.

“ Kades kami justru dibanjiri dukungan, baik dari ratusan warga, puluhan tokoh, puluhan wartawan serta LSM, mereka menyatakan secara pribadi siap mendukung kades kami,” ungkapnya Jumat (21/10/2022).

survey dan pendeteksi sumber air

Disampaikan Dwi, dugaan penggeledahan itu bermula dari gelar aksi serta surat laporan berupa aduan dari LSM yang diragukan tingkat kebenarannya.

Lanjut Dwi, bebarapa bulan yang lalu, sejumlah kelompok menggelar aksi unjuk rasa didepan Mapolres Tulungagung, yang mengatasnamakan warga Desa Batangsaren.

Dalam tuntutannya, mereka meminta agar aparat penegak hukum segera memproses kasus dugaan penyelewengan Dana Desa Tahun 2014-2019” ungkapnya.

Namun, setelah ia lakukan kroscek lapangan yang dibantu oleh perangkat desa ternyata peserta aksi itu hanya 2 (dua)  hingga 3 (tiga) orang saja yang merupakan warga Desa Batangsaren.

Akibat aksi yang mengatasnamakan warga Desa Batangsaren itu justru membuat benih perpecahan dan kegaduhan penduduk Desa Batangsaren, Kecamatan Kauman.

“Karena selama ini, Kades Batangsaren sangat dicintai warganya, beliau selalu terbuka dan memiliki sifat rela berkorban. Bahkan pembangunan juga merata ke semua dusun-dusun yang ada di desa ini,” pujinya.

Di sisi lain Ketua Lembaga Adat Desa (LAD) Desa Batangsaren, Didik Hariyanto mengatakan, selama ini warga selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat, jika terjadi persoalan langkah mediasi yang paling utama menjadi pilihannya.

BACA JUGA :  Kejaksaan Tulungagung Giat Tangani Perkara Korupsi

“ Semoga berbagai pihak bisa duduk bersama untuk kemajuan Desa Batangsaren,” kata Didik.

Ia berharap, orang yang berupaya menurunkan citra nama baik Kades Batangsaren,  menyadari dan bisa saling bertemu, bertatap muka, serta berdiskusi bersama.

Kepala Desa Batangsaren, Ripangi mengatakan, ia sangat berharap pembuat aduan ke kantor Kejaksaan Negeri Tulungagung itu segera bisa duduk satu meja.

Seorang warga dan tokoh pemuda juga menyampaikan dukungannya pada Kades Batangsaren Rifansi, selama beberapa waktu ini desa kami terasa tidak nyaman karena selalu dihebohkan pemberitaan media dan media sosial yang mengatasnamakan warga Batangsaren, padahal hanya segelintir orang saja, tidak lebih dari lima orang.

Mereka selalu mencari-cari permasalahan dan kesalahan pada pemerintahan Desa Batangsaren dalam uatamanya kebijakan Kepala Desa Rifangi.

“Kami berharap aparat bisa bijak menyikapinya dengan proporsional dan adil dalam menerima laporan yang mengatasnamakan warga Desa Batangsaren,” katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya Kades Rifangi pernah dilaporkan ke polisi, namun hasil pemeriksaan tidak memenuhi sebagai permasalhan yang dilaporkan. Dan, dari informasi yang saya dapatkan, mereka kembali melaporkan Kades Rifangi ke Kejari Tulungagung.

“Sementara masih banyak permasalahan yang ada di Tulungagung, mohon sekiranya permasalan di Desa Batangsaren bisa diselesaikan dengan cara mediasi seluruh pihak yang dimediasi oleh kejaksaan,” kata tokoh pemuda ini.

Telah diberitakan sebelumnya, Tim Kejaksaan Negeri Tulungagung melakukan penggeledahan dikantor Desa Batangsaren pada Senin (03/10/2022).

Dari penggeledahan itu, sejumlah berkas, PC serta stampel desa diangkut dengan menggunakan mobil box dan dibawa ke Kantor Kejari Tulungagung guna proses penyidikan.

Saat dikonfirmasi, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tulungagung, Agung Tri Radityo mengatakan, penggeledahan itu merupakan bagian dari proses penyidikan atas surat perintah penyidikan Bulan April 2022.

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Pantai Balekambang dan Ngliyep Siap Sambut Wisatawan Libur Lebaran

MALANG, HARIAN- NEWS Com – Pantai Balekambang dan Ngliyep, dua ikon wisata di Malang yang dikelola oleh Perumda Jasa Yasa, telah bersiap untuk menyambut...

Puskesmas Ramah Anak Tulungagung Adalah Puskesmas Beji

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Puskesmas Beji, Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kesehatannya, khususnya bagi anak-anak. Sebagai puskesmas rujukan ramah anak, Puskesmas...

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya antisipasi penyakit tidak menular, Posyandu Desa Krosok, Kecamatan Sendang, Tulungagung, Jawa Timur mengadakan Pos...

“Transparansi Dana BOS SMPN 1 Rejotangan, Dipertanyakan?”

  TULUNGAGUNG HARIAN - NEWS.com - Peningkatan nominal Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang seharusnya membawa kabar baik, kini justru menimbulkan tanda tanya besar terkait...

Waspada DBD, Kepala Puskesmas Pagerwojo Ajak Warga Beraksi

  TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com- Menghadapi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur berinisiatif melakukan langkah-langkah pencegahan. Umi Rahayu Ningsih, Kepala Puskesmas Pagerwojo bersama Dokter...

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersama

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersam TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pada hari Jum'at, 29 Maret 2024, SMP Negeri 1 Kauman,...

Hasil Sidak Sekda Sidoarjo Jelang Idul Fitri 1445: Mamin Aman dan Berkualitas

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Dr. Fenny Apridawati, M.Kes., Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan sidak makanan dan minuman pada Rabu, 26 Maret 2024. Sidak...

Puskesmas Beji Bergerak Cepat Hadapi Lonjakan Kasus DBD

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Di tengah musim penghujan, Tulungagung menghadapi tantangan serius dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue (DBD). UPT Puskesmas Beji telah mengambil langkah...

SMP Negeri 5 Tulungagung Raih Prestasi di Lomba Poster Tingkat Kabupaten

TULUNGAGUNG , HARIAN-NEWS.com- Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, SMP Negeri 5 Kabupaten Tulungagung berhasil meraih juara kedua dalam lomba poster tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung....

Bupati Rini Ungkap Laporan Paripurna Dewan Saat Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

BLITAR, HARIAN- NEWS.com – Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar,...

Ketua Dewan Suwito Saren Menghimbau Masyarakat Kabupaten Blitar Waspadai Cuaca Ekstrem

BLITAR, HARIAN - NEWS .com – Cuaca ekstrim saat ini yang melanda Kabupaten Blitar dan sekitarnya harus diwaspadai.Hal ini diungkapkan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar,...

Takmir Masjid Salsabila : Iman dan Taqwa Wujudkan Profesionalitas Kerja Karyawan Perumda Tirta Kanjuruhan Malang

KABUPATEN MALANG, HARIAN-NEWS.com - Salah satu bangunan pendukung yang berada di area perkantoran Perumda Tirta Kanjuruhan, adalah adanya Masjid Salsabila yang berdiri disisi selatan...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING