Selasa, 5 Maret 2024

Warga Batangsaren Berharap Mediasi

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.COM — Mediasi nampaknya menjadi pilihan bijak bagi warga Batangsaren. Ini penting untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan warga desa Batangsaren.

Disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Batangsaren, Dwi Wandito, pasca penggeledahan yang dilakukan oleh tim Kejaksaan Negeri Tulungagung di Kantor Desa Batansgaren.

Karena selama ini Kades Batangsaren menurut pandangan warga,  orangnya koperatif dan terbuka. Sehingga perasaan mereka terusik, untuk memberikan dukungan pada Kades yang sudah menjabat tiga periode itu.

Hal itu dibuktikan kediaman Kepala Desa Batangsaren justru sering dikunjungi orang yang bertujuan untuk memberikan dukungan.

“ Kades kami justru dibanjiri dukungan, baik dari ratusan warga, puluhan tokoh, puluhan wartawan serta LSM, mereka menyatakan secara pribadi siap mendukung kades kami,” ungkapnya Jumat (21/10/2022).

survey dan pendeteksi sumber air

Disampaikan Dwi, dugaan penggeledahan itu bermula dari gelar aksi serta surat laporan berupa aduan dari LSM yang diragukan tingkat kebenarannya.

Lanjut Dwi, bebarapa bulan yang lalu, sejumlah kelompok menggelar aksi unjuk rasa didepan Mapolres Tulungagung, yang mengatasnamakan warga Desa Batangsaren.

Dalam tuntutannya, mereka meminta agar aparat penegak hukum segera memproses kasus dugaan penyelewengan Dana Desa Tahun 2014-2019” ungkapnya.

Namun, setelah ia lakukan kroscek lapangan yang dibantu oleh perangkat desa ternyata peserta aksi itu hanya 2 (dua)  hingga 3 (tiga) orang saja yang merupakan warga Desa Batangsaren.

Akibat aksi yang mengatasnamakan warga Desa Batangsaren itu justru membuat benih perpecahan dan kegaduhan penduduk Desa Batangsaren, Kecamatan Kauman.

“Karena selama ini, Kades Batangsaren sangat dicintai warganya, beliau selalu terbuka dan memiliki sifat rela berkorban. Bahkan pembangunan juga merata ke semua dusun-dusun yang ada di desa ini,” pujinya.

Di sisi lain Ketua Lembaga Adat Desa (LAD) Desa Batangsaren, Didik Hariyanto mengatakan, selama ini warga selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat, jika terjadi persoalan langkah mediasi yang paling utama menjadi pilihannya.

BACA JUGA :  Polri Tunjuk Karowabprof Brigjen Anggoro Jadi Plh Karopaminal

“ Semoga berbagai pihak bisa duduk bersama untuk kemajuan Desa Batangsaren,” kata Didik.

Ia berharap, orang yang berupaya menurunkan citra nama baik Kades Batangsaren,  menyadari dan bisa saling bertemu, bertatap muka, serta berdiskusi bersama.

Kepala Desa Batangsaren, Ripangi mengatakan, ia sangat berharap pembuat aduan ke kantor Kejaksaan Negeri Tulungagung itu segera bisa duduk satu meja.

Seorang warga dan tokoh pemuda juga menyampaikan dukungannya pada Kades Batangsaren Rifansi, selama beberapa waktu ini desa kami terasa tidak nyaman karena selalu dihebohkan pemberitaan media dan media sosial yang mengatasnamakan warga Batangsaren, padahal hanya segelintir orang saja, tidak lebih dari lima orang.

Mereka selalu mencari-cari permasalahan dan kesalahan pada pemerintahan Desa Batangsaren dalam uatamanya kebijakan Kepala Desa Rifangi.

“Kami berharap aparat bisa bijak menyikapinya dengan proporsional dan adil dalam menerima laporan yang mengatasnamakan warga Desa Batangsaren,” katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya Kades Rifangi pernah dilaporkan ke polisi, namun hasil pemeriksaan tidak memenuhi sebagai permasalhan yang dilaporkan. Dan, dari informasi yang saya dapatkan, mereka kembali melaporkan Kades Rifangi ke Kejari Tulungagung.

“Sementara masih banyak permasalahan yang ada di Tulungagung, mohon sekiranya permasalan di Desa Batangsaren bisa diselesaikan dengan cara mediasi seluruh pihak yang dimediasi oleh kejaksaan,” kata tokoh pemuda ini.

Telah diberitakan sebelumnya, Tim Kejaksaan Negeri Tulungagung melakukan penggeledahan dikantor Desa Batangsaren pada Senin (03/10/2022).

Dari penggeledahan itu, sejumlah berkas, PC serta stampel desa diangkut dengan menggunakan mobil box dan dibawa ke Kantor Kejari Tulungagung guna proses penyidikan.

Saat dikonfirmasi, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tulungagung, Agung Tri Radityo mengatakan, penggeledahan itu merupakan bagian dari proses penyidikan atas surat perintah penyidikan Bulan April 2022.

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Progres Pembangunan Spam Kaligoro Untuk Melayani Masyarakat di Dua Kecamatan

Malang, harian-news.com - Tujuan utama pembangunan spam kaligoro, adalah untuk menangani daerah rawan air khususnya di kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pembangunan SPAM Kaligoro...

Jalur Rajekwesi Kalipare – Donomulyo Malang Longsor, Pemkab Malang Berrgerak Cepat.

Malang, Harian-news.com - Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang mengakibatkan terjadinya longsor di beberapa tempat, yang salah satunya di Rajekwesi Desa Tumpakrejo...

Rapat Pleno Rekapitulasi Sementara Pemilu Kabupaten Tulungagung Berjalan Mulus

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tulungagung melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara ditingkat Kabupaten di Hotel Lojikka Tulungagung pada...

Pameran Kreatif SMK Negeri 1 Buduran: Sembagi Arutala Fashion 2024

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com – Siswa-siswi SMK Negeri 1 Buduran kelas XIII tahun 2024 menggelar pameran bertajuk Sembagi Arutala SK1B Fashion Weekend pada (25/2/2024) malam di...

Siswa SMP Negeri 1 Ngunut , Tulungagung Sukses di G-Olimpiade Nasional 2024

TULUNGAGUNG, Harian- NEWS.com - Sebanyak 37 Siswa SMP N 1 Ngunut mengikuti kegiatan Ratu G-Olympiad yang diadakan pada hari Minggu tanggal 4 Februari 2024...

Didukung Kementerian PAN RB, Inovasi Kopi Pahit Siap Diaplikasikan Keseluruh Puskesmas Sidoarjo

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB berkunjung ke Kabupaten Sidoarjo. Mereka ingin melihat sejauh mana instansi pemerintah...

Khotaman Kitab Dan Ijazahan Bersama Guru Besar Ilmu Hadits Universitas Al Azhar Mesir

Tulungagung, harian-news.com - Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung pada Ahad (25/02/2024) akan menghadirkan guru besar Universitas Al Azhar Mesir yaitu Prof. Dr. Muhammad Ibrahim...

7.384 Personil Gabungan Dikerahkan untuk Mengamankan Pemilu di Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, turut serta dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tahap Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 pada Selasa (13/2/2024)...

Lantik Plh. Sekda Tulungagung, Heru Suseno: Proses Sudah Sesuai Ketentuan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, melantik Tri Hariadi sebagai Plh. Sekda Kabupaten Tulungagung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, pada Senin (12/2/2024)...

Pj Bupati Tulungagung Tinjau Pendistribusian Logistik Pemilu di 3 Kecamatan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno meninjau persiapan pendistribusian logistik Pemilu di 3 kecamatan pada Senin (12/2/2024), sekitar pukul 09.30 WIB. Kunjungan ini...

Mempersiapkan Diri Beribadah Di Bulan Damai

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah usai pencoblosan. Dalam proses penghitungan akan memasuki Bulan Romadhon. Bulan yang penuh keistimewaan. Yaitu bulan damai. Tokoh agama...

Pemilu Wujudkan Persatuan Bangsa Indonesia

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah dilakukan tahap pencoblosan dan hari ini sudah penghitungan data secara real count. Semakin hari paska pemilu semakin panas...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING