160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Soroti Ujian Praktik SIM, Kapolri : Kalau Lulus Bisa Menjadi Pemain Sirkus

JAKARTA, HARIAN-NEWS.com– Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo soroti soal sulitnya ujian praktik SIM saat acara wisuda Sekolah Ilmu Tinggi Kepolisian (STIK), Rabu (21/6/2023).

Sigit meminta jajarannya mengevaluasi relevansi ujian praktik pembuatan SIM yang selama ini diterapkan, terutama pada jalur zigzag dan angka delapan.

“Khusus untuk pembuatan SIM, saya minta Kakorlantas dibuatkan perbaikan. Yang Namanya angka delapan, zig-zag zig-zag itu masih relevan atau tidak. Kalau sudah tidak relevan, segera diperbaiki” tegas Jendral Sigit.

Jendral Listyo Sigit menyebut, pembuatan SIM seharusnya fokus pada nilai-nilai yang ingin dicari dari pengemudi.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Nilai-nilai apa yang ingin kita cari dari seseorang yang kita uji untuk memiliki SIM. Yang penting adalah bagaimana dia menghargai keselamatan para pengguna jalan, dan bagaimana dia memiliki keterampilan pada saat mengendarai kendaraan,” lanjut Jendral Sigit.

Jendral Listyo Sigit juga menantang para wisudawan STIK untuk mengikuti ujian praktik pembuatan SIM di Daan Mogot.

“Ini yang ada di sini (wisudawan), kalau saya uji, dari 200, mungkin yang lulus hanya 20 orang,” ujar Kapolri.

Bahkan kapolri berseloroh, mereka yang lulus dalam ujian praktik SIM bisa menjadi pemain sirkus. “Yang lulus dari situ pasti bisa menjadi pemain sirkus.”

750 x 100 AD PLACEMENT

Kapolri Jendral Listyo SIgit juga berpesan, jangan sampai ujian praktik SIM terkesan hanya  menyulitkan dan ujung-ujungnya diluluskan melalui transaksi ilegal (*)

 

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !