160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Puluhan Kera Ekor Panjang Memasuki Perkampungan Warga di Rembang

Kera liar berada di atas pohon sekitar pemukiman warga Desa Tambakagung, Kaliori beberapa waktu lalu.

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Puluhan Kera Ekor Panjang memasuki perkampungan di Desa Tambakagung, Kecamatan Kaliori. Peristiwa ini kerap terjadi, terhitung sejak dua tahun terakhir.

Dias Erry Akhmadi, salah satu warga mengaku baru saja melihat kawanan kera tersebut Rabu (4/8) sore. Saat itu, ia mendengar anak perempuannya berteriak ketakutan karena melihat kera ada di belakang rumah.

Erry pun langsung bergegas keluar. Kejadian munculnya kera seperti itu, kata Erry, memang kerap ditemui dalam kurun waktu dua tahun terakhir.

Ukurannya bisa dibilang cukup besar. Sekitar satu meter. Atau jika Erry menggambarkan, tingginya bisa seukuran dengan anak-anak.

750 x 100 AD PLACEMENT

Diperkirakan, ada sekitar 10 kera yang sering berkeliaran. Dua diantaranya berukuran besar. Diduga itu adalah indukan.

Setiap masuk ke perkampungan, mereka selalu bergerombol. Biasanya sekitar lima kera. ”Tapi kalau lihat orang mereka pergi,” katanya.

Meski demikian, si kera terkadang juga tak serta merta langsung kabur. Si Kera yang berukuran besar akan menunggu kera-kera kecil terlebih dahulu. ”Setelah itu, baru si kera besar membuntuti di belakang,” katanya.

Diduga, mereka berasal dari hutan di sekitar kecamatan sumber. Di Desa Tambakagung sendiri ada aliran sungai yang mengarah ke sana.

750 x 100 AD PLACEMENT

Di sepanjang sungai, terdapat bambu-bambu. Sehingga kera-kera itu kemungkinan bergelantungan untuk sampai ke pemukiman warga.Jarak antara Desa Tambakagung dan hutan sekitar 15 kilometer.

”Sepanjang sungai ada kera ekor panjang sekitar 10 ekor. Tingginya yang dewasa semeteran,” imbuhnya.

Saat ini pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

”Hampir seriap hari (kera-kera muncul), kalau buah gak ada, mereka (kera-kera) nyerang pemukiman,” ujarnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sekitar 10 tahun lalu, kata Erry, juga pernah ada kejadian serupa. Namun saat itu hanya satu kera. Diketahui hewan itu sampai menjebol genteng dan masuk ke rumah warga.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !