160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis

TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com – Dalam upaya antisipasi penyakit tidak menular, Posyandu Desa Krosok, Kecamatan Sendang, Tulungagung, Jawa Timur mengadakan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) dengan agenda pemeriksaan rutin gratis.

Tujuan utama adalah deteksi dini penyakit tidak menular melalui pemeriksaan gula darah, tensi, dan berbagai pemeriksaan kesehatan rutin lainnya.

Menurut Ibu Rusmini, Bidan Desa Krosok, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya antisipasi dini terhadap penyakit tidak menular.

750 x 100 AD PLACEMENT

“Pada tahun 2016, sekitar 71 persen penyebab kematian di dunia adalah penyakit tidak menular yang membunuh 36 juta jiwa per tahun. Sekitar 80 persen kematian tersebut terjadi di negara berpenghasilan menengah dan rendah,” ungkap Rusmini, merujuk pada data WHO tahun 2018.

Lebih lanjut, Rusmini menekankan penyakit tidak menular dapat dicegah melalui pemeriksaan rutin di Posbindu. Untuk mencegah penyakit tidak menular, masyarakat dapat mengikuti prinsip CERDIK:

Cek Kesehatan secara rutin dengan melakukan pemeriksaan kesehatan minimal satu tahun sekali di Posbindu/Posyandu, atau di fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas.

Enyahkan Asap Rokok dengan tidak merokok atau menghindari asap rokok.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kota Yogyakarta sudah memiliki Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Asap Rokok yang sebaiknya dipatuhi demi kepentingan bersama.
Rajin Aktivitas Fisik dengan membiasakan diri bergerak aktif minimal 30 menit sehari untuk menghindari obesitas dan penyakit tidak menular lainnya.

Diet dengan Gizi Seimbang, perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta mengubah kebiasaan ngemil dengan buah segar untuk menurunkan faktor risiko PTM.

Istirahat yang Cukup selama 7-9 jam sehari untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Kelola Stres agar selalu sehat baik fisik dan mental sesuai dengan definisi kesehatan dalam Undang-Undang Republik Indonesia.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !