160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Penghantaran Murid Bina Insan Kamil Tuban: Membangun Kemandirian dan Pembelajaran

Pengantaran santri YABIKA TUBAN

TUBAN, HARIAN-NEWS.com  – Setiap memasuki pekan ketiga Juni, sekolah selalu mengagendakan kegiatan perpisahan bagi murid yang lulus.

Yayasan Bina Insan Kamil Tuban menghadirkan inovasi dan kreativitas melalui acara “Penghantaran Murid,” yang dalam bahasa Arab disebut haflah tahrij. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara yayasan, orang tua murid, dan para guru, dan berlangsung di hall Yayasan Bina Insan Kamil Tuban, Jalan Al Falah II Tuban.

Rangkaian kegiatan dimulai pada Jumat (21/06/2024) untuk jenjang Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK), dilanjutkan dengan jenjang Sekolah Dasar (SD) pada Sabtu (22/06/2024), dan terakhir pada Ahad (23/06/2024) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Techno Insan Kamil Tuban.

750 x 100 AD PLACEMENT

Dalam sambutannya, Ketua Umum Yayasan Bina Insan Kamil Tuban, KH Imam Mawardi Ridlwan, menyatakan, mendampingi, membina, dan melatih murid adalah untuk mempersiapkan mereka memasuki masa kehidupan dewasa. Para murid diharapkan mampu menjalankan kehidupan dengan penuh tanggung jawab.

Menurut Abah Imam, kehidupan dewasa membawa kewajiban dan tanggung jawab. Murid harus memahami diri sendiri dan bertanggung jawab atas perilaku dan karya mereka. Tugas guru adalah menghantarkan murid agar mampu mandiri secara ekonomi.

Pembina Yayasan Bina Insan Kamil Tuban, Hj. Endang Sulastri, yang telah hadir sejak Jumat (21/06/2024), menjelaskan, penghantaran santri merupakan upaya yayasan untuk mempersiapkan para santri melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Diharapkan bahwa sebagian besar murid akan melanjutkan ke TK Insan Kamil Tuban dari Kelompok Bermain (KB), dan dari TK ke SD Insan Kamil Tuban.

Sedangkan untuk jenjang SD, sekitar 55% akan melanjutkan ke SMP Techno. Namun, hanya 25% dari SMP Techno yang akan melanjutkan ke jenjang Madrasah Aliyah (MA) Sains Bina Insan Kamil Tuban.

750 x 100 AD PLACEMENT

Yayasan Bina Insan Kamil Tuban mendo’akan semua yang telah lulus dalam perlindungan Alloh Ta’ala, dan melanjutkan pembiasan tadarus Al Qur’an dan selalu sholat di awal waktu,” jelasnya.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !