160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


Panen Raya Padi di Tulungagung, Sayangnya Harga Jual Gabah Turun

Panen Raya di Tulungagugung Harga gabah Masih Rendah

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Musim panen raya padi di Tulungagung akan berlangsung dalam minggu ke dua Maret, 2023 ini. Seperti di lahan Kelompok Tani Tani Mulyo, Kelurahan Kutoanyar, Tulungagung.

Sayangnya saat panen raya tiba harga jual gabah di sawah cenderung turun. Seperti saat ini, Senin (6/3/2023) harga gabah di sawah Rp 4.200 per kg.

Hal itu disampaikan petani milenial Woko (32) anggota Kelompok Tani Tani Mulyo, Kelurahan Kutoanyar, saat mengawasi penebasan oleh pedagang di barat GOR Lembu Peteng.

Sebenarnya hasil panen padi saat ini bagus, sayangnya harga jual gabah turun dibandingkan sebulan lalu harga jual gabah mencapai Rp 6.000 per kg.

750 x 100 AD PLACEMENT

“ Hasilnya ngepres (minim) tidak sesuai dengan biaya yang kami keluarkan untuk pengelolaan sawah. Mulai dari biaya untuk sarana produksi seperti bibit padi Pak Tiwi, pembelian pupuk, biaya panen dan lainnya seperti jaring,” kata Woko.

Dia juga menambahkan, sebenarnya hasil panen saat ini bagus dibanding musim tanam yang lalu. Karena serangan hama tidak terlalu banyak, baik dari serangan hama wereng, tikus dan burung.

“ Dari dua lahan yang saya tanami masing-masing seluas 225 ru atau 3.150 meter2 atau seluas 450 ru setara 6.300 meter persegi, menghasilkan tiga ton gabah kering sawah,” kata Woko.

Woko juga mengungkapkan biaya-biaya yang dikeluarkan mulai dari panen untuk dua lahan sebesar Rp 2 juta, sewa lahan 11 juta /tahun tanah desa (bengkok), biaya pupuk dan pestisida serta jaring.

750 x 100 AD PLACEMENT

“ Hasil dari panen sawah untuk menyambung hidup saja, pak, karena selain bertani saya juga kerja jadi kuli bangunan,” ungkap Woko petani termuda di Koptan Tani Mulyo ini.

Dalam setahun sawah bisa ditanami padi sebanyak 3 kali hingga panen, jangka waktunya 4 bulan sekali.

Terkait hasil panen dari sawah yang dikelolanya, Woko, mengungkapkan, dia pernah mengalami gagal panen, dimana dari sawah seluas 6.300 hanya menghasilkan gabah kering sawah sebanyak 1 ton.

“ Saat itu padi diserang hama seperti, wereng, tikus, dan burung,” katanya.

750 x 100 AD PLACEMENT
Lahan
Panen Raya di Lahan Sawah Kelurahan Kutoanyar Tulungagung

Dan harga beli oleh pedagang masih terbilang rendah. Penyebab panen serentak ini jumlah gabah di pasaran banyak sehingga terjadi penurunan harga.

Untuk itu, saat ini diperlukan peran serta atau upaya dari pemerintah untuk menjaga kestabilan harga gabah dari petani saat musim panen serentak.

Sehingga saat terjadi musim panen serentak tidak terjadi permainan harga oleh pedagang dan harga gabah yang dijual petani tetap terjaga.

Mungkin yang dapat dilakukan adalah pembelian gabah oleh pemerintah dengan harga Rp. 5000/kg yang mana petani masih mendapatkan keuntungan.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !