160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT


Manasik Haji Cilik di Al Azhaar, Membangun Karakter Anak Melalui Simulasi Ibadah di Usia Emas

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Dengan semangat mengenalkan pilar ibadah Islam kepada generasi muda di Usia Emas Pesantren Al Azhaar Tulungagung mengadakan program manasik haji cilik. Program ini mengusung konsep ‘learning by doing’ yang telah menjadi bagian dari kurikulum pesantren sejak tahun 2002.

Menjelang musim haji tahun 1445 H/2024 M, pesantren ini bersiap menyelenggarakan simulasi ibadah haji pada Sabtu, 15 Juni 2024, yang akan diikuti oleh 1.250 murid dari berbagai jenjang pendidikan.

Dengan mengenakan pakaian ihram, para murid akan diajak mempraktekkan rukun dan manasik haji. Simulasi ini akan berlangsung di halaman pesantren, dimana replika Ka’bah telah didirikan untuk menambah nuansa ibadah yang autentik.

750 x 100 AD PLACEMENT

Start Arafah akan ditandai di lapangan sepak bola yang berlokasi di utara RSUD dr. Iskak.

Abah Yai Imam, pengasuh Pesantren Al Azhaar, menekankan pentingnya metode pembelajaran ini dalam membentuk karakter anak-anak dengan nilai-nilai keislaman. “Kami ingin anak-anak tidak hanya memahami teori ibadah haji, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” ujarnya.

Kegiatan ini juga terbuka bagi orang tua yang ingin bergabung, memberikan kesempatan bagi mereka untuk menjadi bagian dari pengalaman berharga ini. Antusiasme yang tinggi dari orang tua dan dukungan komunitas setempat menunjukkan betapa berharganya inisiatif ini dalam pendidikan agama anak-anak.

KH. Imam Mawardi Ridlwan, pengasuh pesantren, akan menyampaikan khutbah Arafah, sementara Fikri Ardiansyah, M.Pd, ketua panitia, mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat menanamkan pemahaman mendalam tentang rukun Islam kelima pada murid-murid. “Melalui praktik langsung ini, kami berharap anak-anak akan siap untuk menunaikan ibadah haji ketika tiba waktunya,” tambahnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Program manasik haji cilik ini merupakan langkah Pesantren Al Azhaar dalam mempersiapkan generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kaya akan nilai spiritual dan moral.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !