160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Lantunan Dzikir Jama’I dari 1300 Jama’ah Pesantren Al Azhaar Getarkan Tulungagung

Lantunan Dzikir Jama’I dari 1300 Jama’ah Pesantren Al Azhaar Getarkan Tulungagung
Dzikir Jama'i
Majlis Dzikir Jama’I, Habib Abdurrohman Bin Husain Al Habsyi dari Hauthoh, Hadromaut, Yaman, Tampak hadliri Habib Syaich Ba’abud sekaligus sebagai penerjemah. KH. Salim dan Kyai Syamsudin Pagerwojo, Kyai Gus Thoha Pakel, Kyai Abdullah Hadirin Kediri.

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com —  Pesantren Al Azhaar Tulungagung Ahad (Minggu), (17/09/2023) menyelenggarakan kegiatan rutinan Majlis Dzikir Jama’I, diikuti 1300 jama’ah baik dari masyarakat umum atau wali santri. Dzikir Jama’i bermanfaat untuk menguatkan keimanan, menambah ketaatan pada Alloh Ta’ala. Yang hadliri oleh Habib Abdurrohman Bin Husain Al Habsyi dari Hauthoh, Hadromaut, Yaman

Menurut KH. Imam Mawardi Ridlwan, pengasuh Pesantren Al Azhaar bahwa dzikir jama’i merupakan kegiatan bersholawat, berdoa, dan wirid  bersama dalam satu majlis.

“Majlis Dzikir Jama’i merupakan majlis untuk berdzikir secara bersama dengan mengamalkan bacaan yang diijazahkan oleh Abi KH. Muhammad Ihya Ulumiddin. Di dalam Majlis Dzikir Jama’i dibaca juga sholawat, seperti tadi pagi kita baca shawat Diba’ atau Barzanji. Setelah berdzikir dilanjutkan nasehat agama. Tadi padi di hadliri oleh Habib Abdurrohman Bin Husain Al Habsyi dari Hauthoh, Hadromaut, Yaman,” jelas Kyai Imam.

“Melaksanakan Dzikir Jama’i maknanya adalah membaca dzikir, doa, atau wirid yang telah susun oleh Abi Ihya Ulumiddin. Dzikir Jama’i bermanfaat untuk menguatkan keimanan, menambah ketaatan pada Alloh Ta’ala, menggapai anugerah pertolongan Alloh Ta’ala dan menjalin shilaturrahim antar kaum muslimin. Jika hari gini masih ada yang berpandangan bahwa Majlis Dzikir Jama’i adalah sesat atau bid’ah? Maka sesungguhnya tidak perlu ditanggapi. Karena kita disibukkan mendapatkan keselamatan akhirat. Salah satu jalan adalah mengikuti Majlis Dzikir Jama’i. Terkait dzikir jama’i dapat dicek pada pelaksanaan ibadah umroh atau haji. Mereka setelah ambil miqot seusai niat maka mereka melakukan dzikir jama’i. Demikian pula saat melaksanakan thowaf dan sa’I,” tutur Kyai Imam.

750 x 100 AD PLACEMENT

Lebih lanjut Kyai Imam menuturkan firman Alloh Ta’ala dalam Surat Al-Ahzab:41-42 “Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kalian dengan dzikir yang banyak, dan bertasbihlah kalian saat pagi dan petang.” Dapat dibaca ulang pada surat Ali Imron ayat 190-191 dan juga Al-Anfal ayat 45. Jadi perintah berdzikir itu dari Alloh Ta’ala dan dicontohkan oleh rosululloh sholallohu alaihi was salam. Manfaat dzikir sangat banyak maka kita amalkannya.”

 

Majlis Dzikir Jama’i Ahad pagi dihadiri 1300 jama’ah baik dari masyarakat umum atau wali santri. Tampak hadliri Habib Syaich Ba’abud sekaligus sebagai penerjemah. KH. Salim dan Kyai Syamsudin Pagerwojo, Kyai Gus Thoha Pakel, Kyai Abdullah Hadirin Kediri dan para kyai lainnya yang tidak disebut namanya.

Kegiatan bertempat di Hall Pesantren Al Azhaar Tulungagung ditutup dengan membaca do’a dan tahlil. Do’a dipimpin oleh Habib Abdurrohman Bin Husain Al Habsyi. Sedangkan tahlil dipimpin oleh Ustad Ghufron.

750 x 100 AD PLACEMENT

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !