160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Keseruan Bazar Kewirausahaan SMPN 3 Rembang

REMBANG, HARIAN-NEWS.com – Halaman SMPN 3 Rembang (Espega) kemarin jadi pasar dadakan. Anak-anak didik diberi kesempatan berjualan di lapak. Ada belasan produk kreasi siswa yang ditawarkan, diantaranya krupuk hingga aneka makanan olahan laut.

Kegiatan bertajuk bazar kewirausahaan itu. Pesertanya kelas VII yang melaksanakan kurikulum merdeka. Hasilnya, ada yang tidak sampai satu jam produknya ludes. Mereka benar-benar cakap. Baik membuat produk hingga memasarkannya.

Kepala SMPN 3 Rembang Menik Mustikatun menuturkan, anak bazar kewirausahaan kemarin ada 28 meja atau produk, mulai nugget, bakso, sambal teri hingga kerupuk teri, tunul, cumi dan udang. Mereka dibagi kelompok-kelompok, per anggota 10 anak.

”Itu merupakan implementasi kurikulum merdeka. Khususnya di project penguatan profil pancasila. Bazar project tema 1 kewirausahaan. Untuk kelas VII yang melaksanakan kurikulum merdeka,” katanya, Kamis (24/8).

750 x 100 AD PLACEMENT

Menik mengaku bangga pada anak-anak didiknya yang telah bisa menerapkan dan mengimplementasikan jiwa wirausaha. “Memang mereka dilatih dari awal harus paham kewirausahaan. Hingga merencanakan kewirausahaan apa. Setelah digali anak dibimbing, karena SMPN 3 Rembang berada di pesisir pantai diarahkan kesana,” terangnya.

Menurutnya, potensi ikan melimpah sehingga olahan ikan menjadi pilihan berkreasi. “Ada yang dibuat nugget, bakso ikan, sempolan ikan, ada kerupuk ikan. Supaya paham juga ditemukan langsung narasumbernya. Alhamdulillah narasumber orang tua sendiri. Seperti kerupuk bu Santi. Ada yang buat nugget dan bakso juga. Sehingga sangat membantu,” ungkapnya.

Ke depan ia berharap pengalaman anak-anak di project tersebut anak bisa mengembangkan sendiri seterusnya di rumah masing-masing. Siapa tahu ada yang berbakat wirausaha.

“Inilah harapan ke depan dalam project tersebut. Dan bazar kewirausahaan persiapan tiga pekan. Semua sudah tertata rapi. Dari kegiatan satu sampai 17 dalam bentuk laporan. Untuk bazar kegiatan 16,” tambahnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Terpisah, Pengawas Pembina SMPN 3 Rembang dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindipora), Kabupaten Rembang Slamet Prayitno yang turut hadir mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun berharap, kegiatan seperti ini terus digalakkan guna mendorong kreatifitas siswa.

”Saya sudah lihat. Luar biasa. Hal semacam ini sangat bagus. Semoga kelak mampu mendorong siswa berpartisipasi aktif dalam hal kewirausahaan, yang kemudian dapat diimplementasikan setelah lulus kelak,” kata perempuan yang merupakan Kepala SMPN 3 Rembang itu.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !