Sabtu, 24 Februari 2024

Kemeriahan Upacara Ulur-ulur Telaga Rawa Bening Tulungagung

 

ulur
Mbah Semo (96) Sesepuh Dusun Bedalem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung
tamu
dr. Supriyanto bersama tamu undangan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Sejarah baru ditancapkan oleh para pecinta budaya di Dusun Bedalem, Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, dengan diadakannya Upacara Ulur-ulur Telaga Rawa Bening, Sabtu Kliwon, 3 Juni 2023, atau menurut penanggalan Jawa bertepatan dengan 14 Dulkangidah 1956, berada di Tahun Ehe, Windu Sancaya dan Wuku Landep.

Pelaksanaan upacara Ulur-ulur ini memang untuk yang pertama diadakan. Setelah beberapa pecinta budaya Dusun Bedalem dan direstui oleh Mbah Semo (96) sesepuh Bedalem yang juga juru Kunci Makam Bedalem (Makam Pangeran Benowo), dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Desa Besole.

kades
Suratman, Kepala Desa Besole, Besuki, Tulungagunghttp://bentuk rasa syukur atas anugerah adanya sumber air, berupa Telaga Rawa Bening.

Diawali dengan pelepasan Kirab oleh Kepala Desa Besole Suratman di Depan pelataran Makam Bedalem, iring-iringan ratusan warga Dusun Bedalem dengan berbagai busana adat Jawa, mengiringi Tumpeng Raksasa dari aneka hasil pertanian dan masakan khas Tulungagung Selatan berupa engkung (satu ekor) ayam Lodho Pedas.

Turut mengiringi jaranan Tresno Budoyo, tampak iring-iringan warga tua muda , pria wanita berjalan teratur dan penuh semangat disela sinar matahari yang mulai menggigit yang harus menempuh jarak sepjauh 40 meter, dari Makam Bedalem menuju utara kemudian belok ke timur melintasi hamparan ratusan hektar sawah yang menghijau tanaman padi yang mulai timbul.

survey dan pendeteksi sumber air

Upacara diawali sambutan Ketua panitia, dilanjutkan Kepala Desa Besole, lalu Kabid dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,  Direktur RSUD dr.Iskak dr.Supriyanto dan Kapolsek Besuki.

Ketua Panitia Upacara Ulur-ulur Jendro menyampaikan, yang melandasi kami mengadakan Upacara ini adalah bentuk rasa syukur atas anugerah adanya sumber air, berupa Telaga Rawa Bening.

Sebenarnya tiap tahun kami adakan dengan sederhana, dan pada tahun ini akhirnya kami ingin mengangkat dengan menggelar Upacara Ulur-ulur melibatkan desa, kecamatan dan kabupaten mudah-mudahan kedepan bisa menjadi agenda tetap khasanah budaya di Kabupaten Tulungagung dan dapat menggerakan ekonomi rakyat di desa kami.

Suratman selaku Kepala Desa menyampaikan, dengan adanya upacara Ulur-ulur ini diharapkan kedepannya ada partisipasi dari seluruh warga Desa Besole, bukan saja warga Dusun Bedalem.

BACA JUGA :  Kepala PUPR Trenggalek Tegaskan yang Berhak Menilai Proyek Gagal adalah Tim Penilai Ahli

Ditambahkannya, dengan adanya rasa syukur yang diwujudkan dengan Upacara Ulur-ulur ini diharapkan semoga hasil panen kita nantinya makin banyak.

Kades Suratman berkata,” Telaga Rawa Bening ini kedepannya juga akan kami rintis menjadi destinasi wisata, untuk itu mohon dukungan dari Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” katanya.

Dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kepala Dinas Bambang ernawan diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Endang Kusumaningsih, yang membacakan sambutan kepala dinas.

Namun pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan agar kegiatan ini ditetapkan tanggal pelaksanaannya yang menjadi tanggal pasti pelaksanaan Upacara Ulur-ulur Telaga Rawa Bening  agar bisa melibatkan banyak pihak dan persiapannya lebih maksimal.

Sementara itu, Kapolsek Besuki AKP I Nengah Suteja menyampaikan, tinggi nya budaya orang Jawa, seperti jika ketemu dengan orang yang sudah dikenal, selalu saling sapa dengan ramah, kemudian dipinarakan (diminta singgah) dan diberikan suguhan (sajian).

Dia juga menekankan pentingnya kebersamaan antara masyarakat dengan pemerintah dalam setiap kegiatan agar tercipta kamtibmas di kawasan selatan Tulungagung ini.

Sebelum dimulainya acara puncak berupa bacaan slametan atau kenduri bahasa Jawa oelh Mbah Semo dan Doa oleh Mbah KH. Hasyim bin Amin.

Disampaikan sambutan dari dr. Supriyanto Direktur RSUD dr. Iskak, kehadiran saya sebagai organ Pemerintah Kabupaten Tulungagung  untuk senantiasa ikut nyengkuyung agar budaya adiluhur, adiluhurng dari leluhur kita yaitu ulur-ulur ini bukan hanya sekedar tradisi tapi punya makna yang luar biasa adanya telaga rawa bening yang telah memberikan sumber kehidupan penghidupan bagi kita semua, sehingga kita diberikan kenikmatan sehat tidak kurang satu apapun.

“ Untuk itulah marilah kita tidak melupakan leluhur kita yang telah mengupayakan penghormatan berupa rasa syukur pada Tuhan yang maha kuasa,” kata dokter Pri yang saat itu, mengaku anak buah Bupati Maryoto Birowo.

Selanjutnya diadakan kembul bujono (makan bersama) dengan membagikan sajian berupa engkung ayam lodho pada setiap warga yang duduk berkelompok. Dihibur sajian tarian jaranan dan campursari.

 

 

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Khotaman Kitab Dan Ijazahan Bersama Guru Besar Ilmu Hadits Universitas Al Azhar Mesir

Tulungagung, harian-news.com - Pondok Pesantren Al Azhaar Tulungagung pada Ahad (25/02/2024) akan menghadirkan guru besar Universitas Al Azhar Mesir yaitu Prof. Dr. Muhammad Ibrahim...

7.384 Personil Gabungan Dikerahkan untuk Mengamankan Pemilu di Tulungagung

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj. Bupati Tulungagung, Heru Suseno, turut serta dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Tahap Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 pada Selasa (13/2/2024)...

Lantik Plh. Sekda Tulungagung, Heru Suseno: Proses Sudah Sesuai Ketentuan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno, melantik Tri Hariadi sebagai Plh. Sekda Kabupaten Tulungagung di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, pada Senin (12/2/2024)...

Pj Bupati Tulungagung Tinjau Pendistribusian Logistik Pemilu di 3 Kecamatan

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno meninjau persiapan pendistribusian logistik Pemilu di 3 kecamatan pada Senin (12/2/2024), sekitar pukul 09.30 WIB. Kunjungan ini...

Mempersiapkan Diri Beribadah Di Bulan Damai

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah usai pencoblosan. Dalam proses penghitungan akan memasuki Bulan Romadhon. Bulan yang penuh keistimewaan. Yaitu bulan damai. Tokoh agama...

Pemilu Wujudkan Persatuan Bangsa Indonesia

Tulungagung, harian-news.com - Pemilu 2024 telah dilakukan tahap pencoblosan dan hari ini sudah penghitungan data secara real count. Semakin hari paska pemilu semakin panas...

Konflik Agraria yang Tak Kunjung Usai di Kalbar, Pangamat : Belum ada Upaya yang Jelas dari Pemda dan BPN

Pontianak Kalbar, Harian-news.com - Pengamat Hukum dan Bijakan Publik kembali soroti persoalan konflik agraria di wilayah Kalimantan Barat seolah-olah tidak pernah berakhir, namun kondisi...

Gus Muhdlor Bakal Relokasi SMPN 2 Tanggulangin

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tengah berencana untuk merelokasi SMPN 2 Tanggulangin. Pasalnya, Sekolah Menengah Pertama yang berada di Desa Kedungbanteng tersebut saat...

Belajar Bijak Menyikapi Pemilu 2024

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Partai politik yang ikut pemilu di era reformasi sangat banyak. Setiap partai mengusung caleg baik tingkat pusat ataupun daerah. Sangat mustahil...

Ojo Kesusu, Sing Sabar

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi setiap pesta demokrasi baik ditingkat pilkada maupun pilpres bermunculan lembaga swadaya masyarakat menyeleanggkan hitung cepat...

BNNK Sidoarjo dan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) Bersinergi

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Sidoarjo melakukan kegiatan kolaborasi dengan beberapa Lembaga Rehabilitasi yang ada di Sidoarjo. Kegiatan meliputi jalan santai dan ngopi...

Relawan Pendukung Prabowo -Gibran Tulungagung Sujud Syukur

Tulungagung, harian-news.com - Para relawan 02 di Kabupaten Tulungagung yang telah melaksanakan tugas pada Kamis (15/02/2024) di Kebun Jambu Rejoagung Tulungagung melakukan sujud syukur...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING