Sabtu, 13 April 2024

Hearing Dewan, Ketua Timkor Janji Benahi Program BPNT, LSM Cakra Tidak Puas

 

Panas, Hearing  Komisi C DPRD Kabupaten Tulungagung, dengan LSM, Timkor BPNT, PKM, Kamis, 16 Juli 2020, di ruang Graha Wicaksana.

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com – Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kartu sembako itu sudah sesuai aturan, dan tidak ada penyalahgunaan wewenang, hal itu disampaikan Sukadji selaku Ketua Tim Koordinasi Program BPNT Kabupaten Tulungagung, saat hearing dengan Komisi C, DPRD Kabupaten Tulungagung, Kamis, 16 Juli 2020.

Masih kata Sukadji yang juga Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Tulungagung ini mengatakan, tidak ada yang namanya pemaketan, itu semua hanya untuk mempermudah melakukan pengawasan.

“Perlu diketahui semua tidak ada yang namanya pemaketan. Untuk pemberian beras dan telur itu sudah sesuai dengan pedoman umum (pedum) pelaksanaan BPNT tahun 2020,” kata Sukadji.

Dia juga menyampaikan adanya pihak-pihak yang mencoba bermain-main dalam program ini. Dan akan segera melakukan penataan agar program berjalan lancar kembali.

survey dan pendeteksi sumber air

“ Kami berjanji akan segera memberikan pemahaman pada semuanya, Keluarga Penerima Manfaat (KPM), agen dan supplier dengan mendatangkan tim dari Kementerian Sosial RI,” katanya.

Sementara itu, Totok dari LSM Cakra menyoroti adanya pengebirian terhadap KPM, pemaksaan pemaketan, e warung tidak berfungsi seperti amanat Pedum, adanya indikasi monopoli dan penyalahgunaan wewenang.

“ Kami melihat ada indikasi penyalahgunaan wewenang, terbukti adanya supplier yang sudah kontrak dengan dinas,” kata Totok.

Tidak puas dengan hasil hearing tersebut, LSM Cakra merasa Timkor hanya melakukan evaluasi tanpa bicara sangsi atas pelanggaran yang terjadi selama ini.

“ Hasil hearing akan kami kombinasikan dengan data-data temuan di lapangan dan akan kita naikkan ke Tipikor,” kata Ketua Cakra itu.

BACA JUGA :  Penyaluran BPNT Kabupaten Tulungagung di Kelurahan - kelurahan Berjalan Lancar

Sikap Ketua Cakra itu, mendapatkan pembenaran dari seorang warga Desa Majan, Kecamatan Kedungwaru, bernama Sudjarwo yang juga sebagai KPM.

“ Menurutnya dalam Pedum harusnya KPM diberikan kebebasan belanja sendiri, memilih e – warong sendiri, memilih komoditas dan jumlahnya sendiri. Sehingga KPM bisa memilih mana yang lebih murah,” kata Sudjarwo.

Sementara itu, di tempat terpisah,  menurut pengamat dan peneliti kebijakan publik Purwanto (50), menilai pelaksanaan Program BPNT pada prinsipnya sudah sesuai dengan Permensos dan Pedum pelaksanaan BPNT Tahun 2020. Sementara itu untuk komoditas barang juga sudah sesuai dengan surat edaran yang diterbitkan , berupa beras 12,5 kg dengan kualitas premium.

Dia juga menyampaikan, sebenarnya program BPNT kartu Sembako tidak ada masalah, hal itu bisa dlihat seperti proses Penyaluran di wilayah Kecamatan Kota Tulungagung bisa dikatakan lancar, nyaris tidak ada permasalahan yang serius.

“ Itu semua tidak terlepas dari adanya komunikasi yang harmonis antara KPM, Agen, Supplier  dan Pendamping (TKSK), Timkor,” kata Purwanto yang pernah mendapatkan didikan dari Institut Studi Arus Informasi, Jakarta itu.

Dia berharap, semua pihak hendaknya bisa menahan diri agar permasalahan segera bisa diatasi.

Dalam hal ini dibutuhkan ketegasan dari Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Tim Koordinasi, Pendamping. Dan untuk KPM agar bisa bersikap proaktif  setiap realisasi program.

Hearing bersama pimpinan dan anggota Komisi C DPRD Kabupaten Tulungagung serta sejumlah LSM dan perwakilan Penerima Keluarga Manfaat (PKM) hari itu,  di gelar di Ruang Graha Wicaksana Kantor DPRD Tulungagung.

Turut dalam hearing tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, Bulog Tulungagung, Polres Tulungqgung sebagai anggota Timkor BPNT dan Bank Himbara (BNI Tulungagung). (agp/red)

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

Pantai Balekambang dan Ngliyep Siap Sambut Wisatawan Libur Lebaran

MALANG, HARIAN- NEWS Com – Pantai Balekambang dan Ngliyep, dua ikon wisata di Malang yang dikelola oleh Perumda Jasa Yasa, telah bersiap untuk menyambut...

Puskesmas Ramah Anak Tulungagung Adalah Puskesmas Beji

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Puskesmas Beji, Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan kesehatannya, khususnya bagi anak-anak. Sebagai puskesmas rujukan ramah anak, Puskesmas...

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis

Posbindu Desa Krosok Sendang Gelar Pemeriksaan Gratis TULUNGAGUNG,HARIAN-NEWS.com - Dalam upaya antisipasi penyakit tidak menular, Posyandu Desa Krosok, Kecamatan Sendang, Tulungagung, Jawa Timur mengadakan Pos...

“Transparansi Dana BOS SMPN 1 Rejotangan, Dipertanyakan?”

  TULUNGAGUNG HARIAN - NEWS.com - Peningkatan nominal Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang seharusnya membawa kabar baik, kini justru menimbulkan tanda tanya besar terkait...

Waspada DBD, Kepala Puskesmas Pagerwojo Ajak Warga Beraksi

  TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com- Menghadapi ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD), Puskesmas Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur berinisiatif melakukan langkah-langkah pencegahan. Umi Rahayu Ningsih, Kepala Puskesmas Pagerwojo bersama Dokter...

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersama

Sambut Ramadhan, SMP Negeri 1 Kauman Tulungagung Bagikan Takjil dan Buka Bersam TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Pada hari Jum'at, 29 Maret 2024, SMP Negeri 1 Kauman,...

Hasil Sidak Sekda Sidoarjo Jelang Idul Fitri 1445: Mamin Aman dan Berkualitas

SIDOARJO, HARIAN-NEWS.com - Dr. Fenny Apridawati, M.Kes., Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melaksanakan sidak makanan dan minuman pada Rabu, 26 Maret 2024. Sidak...

Puskesmas Beji Bergerak Cepat Hadapi Lonjakan Kasus DBD

TULUNGAGUNG, HARIAN-NEWS.com - Di tengah musim penghujan, Tulungagung menghadapi tantangan serius dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue (DBD). UPT Puskesmas Beji telah mengambil langkah...

SMP Negeri 5 Tulungagung Raih Prestasi di Lomba Poster Tingkat Kabupaten

TULUNGAGUNG , HARIAN-NEWS.com- Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, SMP Negeri 5 Kabupaten Tulungagung berhasil meraih juara kedua dalam lomba poster tingkat SMP se-Kabupaten Tulungagung....

Bupati Rini Ungkap Laporan Paripurna Dewan Saat Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

BLITAR, HARIAN- NEWS.com – Bupati Blitar Rini Syarifah melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator dan jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar,...

Ketua Dewan Suwito Saren Menghimbau Masyarakat Kabupaten Blitar Waspadai Cuaca Ekstrem

BLITAR, HARIAN - NEWS .com – Cuaca ekstrim saat ini yang melanda Kabupaten Blitar dan sekitarnya harus diwaspadai.Hal ini diungkapkan, Ketua DPRD Kabupaten Blitar,...

Takmir Masjid Salsabila : Iman dan Taqwa Wujudkan Profesionalitas Kerja Karyawan Perumda Tirta Kanjuruhan Malang

KABUPATEN MALANG, HARIAN-NEWS.com - Salah satu bangunan pendukung yang berada di area perkantoran Perumda Tirta Kanjuruhan, adalah adanya Masjid Salsabila yang berdiri disisi selatan...
spot_img
spot_img

BERITA TRENDING