160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Harga Brambang dan Lombok Melesat Seperti “Jet”

Harga brambang dan lombok meroket di Pasar Ngemplak Tulungagung, Jawa Timur

Ibu-ibu rumah tangga kewalahan mengatur uang belanjanya. Begitupun yang dialami warung-warung makan kebingungan mengolah masakannya.

Jika memakai resep masakan biasanya, jelas harga jualnya tidak terjangkau pembeli, tapi jika mengurangi bahan resep masakan pasti rasanya berubah, takut pembeli tidak kembali lagi, bingung itu pastinya.

Itu semua disebabkan mahalnya harga bawang merah (brambang) dan lombok yang sudah terjadi selama sebulan lebih. Biasanya jika terjadi kenaikan itu hanya sesaat, tidak sampai dua minggu.

Saat ini harga lombok rawit , lombok merah dan lombok keriting bertengger dikisaran harga Rp 90 ribu per kilogram hingga 110 ribu per kilogramnya, sedangkan harga brambang dikisaran Rp 60 ribu per kiilogramnya hingga Rp80 ribu per kilogramnya. Harga itu di pasar-pasar tradisional, apalagi jika di warung-warung rumahan harganya lebih “mengerikan”.

750 x 100 AD PLACEMENT

Sebagian ibu-ibu rumah tangga akhirnya mencari solusi dengan hanya membeli semampu keungannya, tidak beani beli sesuai timbangan, namun lebih pada berapa uang yang dimilikinya. Yang lain lagi kini pilih beli masakan matang.

Dari pengamatan di pasar pagi  Komplek Pasar Ngemplak, Tulungagung, Jawa Timur. Bertenggernya harga brambang dan lombok tersebut disebabkan kurangnya pasokan dari sentra-sentra  brambang dan lombok. Hal itu disebabkan adanya gagal waktu tanam disebabkan kondisi alam. Dan sebagian petani lokal “kapok” tanam brambang dan lombok, disebabkan tahun lalu saat panen harga brambang hanya Rp 8 ribu per kilogramnya, sementara harga lombok Rp 15 10 ribu per kilogramnya.

Bagaimana pemerintah menjaga stabilitas harga pasar komoditas dapur, tampaknya selama ini tidak bisa. Entah apa sebabnya, apakah ada permainan pedagang besar atau memang faktor lainnya?

Faktanya tiap tahun selalu terjadi kenaikan harga yang tidak terkontrol, bukan naik tapi meroket seperti jet.

750 x 100 AD PLACEMENT

Saatnya rumah tangga dan warung makan bisa mengatur stok dan mengamai kondisi pasar harga-harga bahan komuditas dapur. Agar tidak terkaget-kaget saat membutuhkan. Lebih-lebih pada musim hajatan, pastinya biayanya akan membengkak hingga bekali-kali.

Informasi harga-harga komoditas dapur sudah saatnya dibuka dan senantiasa disebarkan ke warga masyarakat, agar ibu-ibu rumah tangga, warung makan, juga petani mampu mengamati kapan-waktu biasanya terjadi kenaikan. Info per bulan dipasang pada papa pengumuman di pasar-pasar.

Pengawasan dari pemerintah sangat dibutuhkan untuk mengendalikan harga pasar komuditas dapur. Bahkan jika diperlukan dibuat badan atau lembaga yang mengawasi dan mengaturnya harga agar normal.

 

750 x 100 AD PLACEMENT

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !