160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner hut ri

Tradisi Bersih Dusun Ngluweng, Lestarikan Warisan Budaya di Bulan Muharram

BLITAR, HARIAN-NEWS.com – Festival Tradisi Bersih Dusun Ngluweng, Desa Selokajang, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jum’at (19/7/2024).

merayakan Festival Tradisi Bersih Dusun pada bulan Muharram, yang merupakan warisan budaya etnis Jawa yang telah lama dinanti oleh masyarakat setempat.

Tradisi ini dilaksanakan sebagai refleksi dan introspeksi diri dalam menyambut tahun baru Islam.

“Kami berharap Tradisi Bersih Dusun ini menjadi momen muhasabah untuk memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan kepada Allah,” ujar MC.

750 x 100 AD PLACEMENT

Acara dimulai dengan senam kelompok Tero Selokajang dan Maron, diikuti oleh pertunjukan seni anak-anak pada Jumat sore.

Malam harinya, sholawatan dari SDN-I Selokajang dan pengajian oleh Ustad Samsul mengisi acara tersebut. Kegiatan serupa berlanjut keesokan harinya di halaman perempatan dusun.

Kasun Prawito menekankan pentingnya melestarikan tradisi bersih desa untuk mendapatkan berkah dan kemajuan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Kami berharap pembangunan yang telah dilakukan pemerintah desa memberi manfaat bagi masyarakat dan mengajak mereka untuk bersama-sama mewujudkan desa yang beragama, agraris, sehat, edukatif, wisata, unggul, dan terkoneksi,” tambahnya.

750 x 100 AD PLACEMENT

Kepala Desa juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama memajukan desa. Acara Tradisi Bersih Dusun Ngluweng dimeriahkan oleh kehadiran Ustad Samsul, yang menambah semarak perayaan.

Berita Terkait
930 x 180 AD PLACEMENT
Ayo ikut berpartisipasi untuk mewujudkan jurnalistik berkualitas!
Promo Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau !